Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resmi Dideklasikan, Prabowo Minta Didoakan, Gibran Sampaikan 6 Program Unggulan
Oleh : irawan
Kamis | 26-10-2023 | 09:08 WIB
deklarasi_prabowo_gibran_b.jpg Honda-Batam
Deklarasi pasangan Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pasangan bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka yang akan mengikuti konstestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 secara resmi dideklarasikan di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (25/10/2023) pagi

Deklarasi pasangan yang diusung partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut, dihadiri ribuan massa pendukung yang bersaal dari kader, relawan hingga simpatisan.

Foto besar Prabowo dan Gibran terpampang di layar lebar yang ada di panggung utama. Sementara, para pendukung memadati podium yang mengitari panggung tersebut.

Para pendukung juga membawa berbagai atribut, seperti bendera dan foto Prabowo-Gibran. Para relawan itu juga mengenakan atribut partai yang tergabung dalam KIM seperti Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN dan Partai Gelora

Sebelum menuju lokasi acara deklarasi, pasangan Prabowo-Gibran yang kompak berkemeja biru tersebut berkumpul di kediaman Menteri Pertahanan di Jalan Kertanegera IV, Jakarta Selatan. Di tempat itu, tampak hadir 9 pimpinan parpol KIM.

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta terlihat memimpin doa, mendoakan pasangan Prabowo-Gibran sukses di Pemilu 2024. Setelah itu, Prabowo-Gibran dan pimpinan 9 parpol koalisi menuju Indonesia Arena GBK.

Kedatangan Prabowo-Gibran langsung disambut teriakan ribuan pendukung yang memenuhi Indonesia Arena. Lokasi ini menjadi tempat perdana keduanya dikenalkan kepada masyarakat sebagai pasangan capres cawapres. "Prabowo, Gibran," teriak massa yang hadir.

Di lokasi tampak sejumlah ketua umum (KIM) partai KIM, seperti Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Partai Gelora Anis Matta.

Lalu, ada Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum PSI Kaesang Pangarep, Ketum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana dan Ketum Prima Agus Jabo Priyono.

Kemudian Ketua Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Gibran Rosan Roeslani, Ketua Umum Partai Aceh Teungku Muzakir Manaf.

Dalam kesempatan ini, Prabowo Subianto menyampaikan terima kasihnya kepada parpol, relawan, dan pendukungnya yang akan mengantarkannya menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ia pun meminta doa dan restu untuk mendapatkan mandat rakyat demi memimpin Indonesia pada periode 2024-2029.

Pasangan Prabowo-Gibran pun didoakan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, ulama kharismatik Nahdatul Ulama yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI.

"Saya ingin di sini menyampaikan tekad kami bersama dengan saudara-saudara untuk maju, minta mandat dari rakyat Indonesia," ujar Prabowo.

Saat ini, Indonesia menurutnya tengah berada pada titik penting dalam sejarah bangsa. Titik di mana Indonesia dapat menjadi negara maju, dengan tetap memprioritaskan rakyat di atas segala-galanya.

"Titik di mana kita bisa bangkit menuju Indonesia yang hebat, Indonesia yang bebas dari kemiskinan, Indonesia yang bebas dari kelaparan, Indonesia yang bebas dari kurang gizi, Indonesia yang anak-anaknya akan tumbuh gembira, kuat, dan cerdas," ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, seluruh kekayaan Indonesia haruslah digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Itulah tekad dan perjuangannya bersama Gibran dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Saya hanya menyampaikan, seluruh jiwa raga kami untuk seluruh rakyat Indonesia," tegas Menteri Pertahanan itu.

6 Program Unggulan

Sementara itu Gibran Rakabuming Raka mengatakan tugasnya bersama Prabowo Subianto untuk melanjutkan dan menyempurnakan program-program pembangunan yang telah berjalan.

"Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan (program-program pembangunan), anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa para santri pasti kita dukung penuh." kata Gibran.

Gibran juga menegaskan butuh generasi muda yang tangguh dan memiliki komitmen kebangsaan. Hal tersebut dilakukan untuk membawa Indonesia menuju kemajuan.

"Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan, membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan." ucap Gibran.

Gibran membocorkan sejumlah program kerja yang akan diusung bersama capresnya, Prabowo Subianto yang disokong partai politik Koalisi Imdonesia Maju

"Mohon izin Pak Prabowo, saya mohon izin membocorkan beberapa program unggulan," kata Gibran. dalam pidato perdananya.

Beberapa program yang dipaparkan Gibran tersebut menyasar milenial, santri hingga lansia. Berikut ini selengkapnya:

1. Dana Abadi Pesantren

Program yang pertama dipaparkan oleh putra sulung Jokowi ini adalah Dana Abadi Pesantren. Gibran mengatakan Dana abadi pesantren ini adalah mandat dari Undang-undang Nomor 18 tahun 2019.

2. Kredit Start-up Milenial

Wali Kota Solo ini juga menjanjikan kredit yang membantu permodalan usaha rintisan kaum milenial. Selain program permodalan yang sudah berjalan seperti KUR, Kredit Mekaar, Wakaf Mikro, hingga kredit Ultra Mikro.

"Nanti akan kami tambahkan lagi kredit Start-up Milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasi inovasi dan teknologi," tuturnya.

3. KIS Lansia

Tak cuma menyasar anak muda, Gibran juga menyiapkan program untuk orang lanjut usia (lansia). "Sekarang sudah ada KIS, Kartu Indonesia Pintar, ada PKH, nanti saya tambahkan lagi, KIS Lansia," janjinya.

4. Kartu Anak Sehat

Terakhir, Gibran juga melontarkan program untuk anak. Kali ini, ia meminta istrinya yakni Selvi Ananda untuk menenteng tulisan program tersebut untuk dipamerkan ke hadirin. "Kartu Anak Sehat untuk Pencegahan Stunting," tandasnya.

5. Hilirisasi

Program ini sebenarnya buka hal baru. Karena sudah dimulai oleh presiden Jokowi. Gibran berjanji akan melanjutkan program hilirasi tersebut, tak hanya di sektor pertambangan, tapi juga perikanan dan pertanian. "Lalu tak lupa hilirisasi untuk komoditas pertambangan perikanan dan pertanian, ini wajib!" tegasnya.

6. Ekonomi Hijau Dan Energi Hijau

Green economy atau ekonomi hijau adalah salah satu agenda besar yang sudah dicanangkan Jokowi. Kakak kandung Kaesang ini berjanji akan melanjutkan program tersebut.

"Ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan. Bapak dan ibu sekalian, saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju indoensia emas," pungkasnya.

Selamatkan Indonesia

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah yang hadir dalam deklarasi pasangan Prabowo-Gibran di Indonesia Arena GBK, menyebut bersatunya Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyelamatkan bangsa Indonesia.

"Saya sering mengingatkan mengenai bersatuanya Jokowi dan Prabowo usai Pilpres 2019. Dengan bersatunya kekuatan besar (Jokowi-Prabowo), itulah yang menyelamatkan bangsa Indonesia melalui krisis luar biasa," ujar Fahri.

Sebab menurut mantan Wakil Ketua DPR RI itu, bersatunya Jokowi dan Prabowo bukanlah peristiwa silaturahim biasa, melainkan momentum nasional yang mengembalikan bangsa Indonesia yang hampir terpecah belah.

"Kita tentunya mengetahui dan merasakan, pasca Pilpres 2019 lalu, hampir saja bersengketa melayani hasrat bawah kita untuk bertengkar," sebutnya.

Bahkan kata Fahri, bersatunya Jokowi dan Prabowo telah membawa Indonesia dari berbagai krisis. Misalnya, krisis Covid-19, perang Rusia-Ukraina yang memotong suplai pangan ke seluruh dunia.

"Termasuk krisis perang Israel-Palestina yang berpotensi memotong suplai bahan bakar ke seluruh dunia. Dan karena bersatunya Pak Prabowo dan Pak Jokowi maka bangsa ini, Alhamdulillah selamat sampai hari ini," pungkasnya.

Editor: surya