Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Taman Raya Tuntut Kepala SD Negeri 006 Batam Kota Dicopot
Oleh : ali/dd
Senin | 17-09-2012 | 11:54 WIB

BATAM, batamtoday - Warga Taman Raya, Batam Kota menuntut Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam agar mencopot Kepala SDN 006 Batam Kota, Suriyah. Pasalnya, warga menduga adanya ketidakberesan selama 6 bulan menjabat sebagai kepala di sekolah tersebut.


Aksi damai yang dilakukan terdiri dari warga Taman raya tahap I hingga tahap V dipimpin RT 002/RW24, Sigit Taru Basuki. Dalam orasi yang disampaikannya, 20 persen kuota murid baru yang diberikan untuk warga setempat dimanipulasi dengan diisi siswa dari warga di luar taman Raya.

Selain itu, dia juga mengatakan pihak sekolah telah memperjualbelikan buku LKS dengan harga yang jauh berbeda dengan SDN lain seperti SDN 009, yang berada di kawasan Botania.

"Ada mark up harga buku yang dilakukan kepala sekolah. Padahal dengan buku yang sama di SDN 009, Botania lebih murah dibanding yang diperjualbelikan di sekolah ini. maka dengan itu kita tolak keberadaan Kepsek di SD 006 ini," ujarnya.

Senada dengan wali murid yang minta namanya diinisialkan ZK, bawa pihak sekolah memaksa anaknya untuk membeli buku LKS yang akan dipergunakan selama satu tahun selama masa pembelajaran. Menurutnya, dalam lembaran buku yang dibeli, terdapat dua buku yang diselipkan dengan bertuliskan BOS.

"Ketika kita meminta kuitansi ke koperasi sebagai tempat penjualan buku, pihak koperasi tidak mau memberikan dengan alasan yang tidak jelas. Kita jadi serba salah," katanya.

Dilain sisi, penolakan keberadaan Kepsek 006 dikarena sifat arogansi yang dilakukan Suriyah kepada wali murid maupun warga setempat yang mengingnkan anaknya dapat menuntut ilmu di sekolah tersebut.

"Kami pernah diusir oleh kepala sekolah, padahal kami datang ke sekolah ini meminta solusi agar anak kami dapat bersekolah di sini. Tapi jawaban yang kami terima sangat menyesakkan hati," ujarnya Wanda.

Aksi berlanjut hingga ke halaman sekolah yang diawasi dari pihak kepolisian Polsek Batam Kota yang dipimpin Kompol Bambang Yugo Pamungkas dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam.