Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sah! Prabowo Umumkan Gibran Rakabuming sebagai Cawapres
Oleh : Irawan
Minggu | 22-10-2023 | 19:32 WIB
prabowo_kim_gibran_b.jpg Honda-Batam
Prabowo Subianto, resmi mengumumkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bakal calon presiden, Prabowo Subianto, resmi mengumumkan cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024, yaitu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo menyampaikan keputusan diambil secara konsensus dan aklamasi para pimpinan partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Selamat malam, saudara saudara sekalian. Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik dan Partai Prima yang dihadiri lengkap oleh ketum masing masing dan sekjen masing masing. Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo dalam jumpa pers di Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Nama Gibran diumumkan sebagai cawapres setelah Prabowo menggelar rapat bersama ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selatan.

Prabowo menegaskan tak ada yang perlu ditanyakan lagi mengenai keputusan yang mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia kembali menyatakan keputusan tersebut merupakan konsensus dari parpol Koalisi Indonesia Maju.

"Tidak perlu ada pertanyaan lagi lagi, ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus dan kita siap maju untuk Indonesia Maju," ujar dia.

Selanjutnya, Prabowo menyebut ia bersama Gibran akan resmi didaftarkan ke KPU pada Rabu (25/10/2023) mendatang. Prabowo menyebut keputusan itu final dan diputuskan secara aklamasi.

"Pengumuman yang ditunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 [Oktober], Rabu kita akan daftar di KPU," kata dia.

Sementara, Gibran sendiri tak hadir dalam pertemuan tersebut.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka didukung delapan parpol yang tergabung dalam KIM. Masing-masing yakni, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Gelora, Partai Prima, dan Partai Garuda.

Editor: Surya