Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Restui Gibran, Tapi Dukung Semua Capres untuk Kebaikan Negara
Oleh : Redaksi
Minggu | 22-10-2023 | 19:06 WIB
jokowi_capres_b.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai menjadi inspektur apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pemilihan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto adalah urusan partai politik. Meskipun demikian, dia merestui dan mendoakan Gibran untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo di Pilpres 2024.

"Tanyakan pada partai politik atau gabungan partai politik, itu ranahnya parpol. Titik. Bukan urusan Presiden," kata Jokowi seusai menjadi inspektur apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Jokowi mengatakan mengikuti perkembangan soal Gibran. Sebagai orang tua, dia menyatakan, tugasnya hanya mendoakan dan merestui.

"Ya orang tua tuh tugasnya mendoakan dan merestui, keputusannya semuanya di dia (Gibran)," kata dia. "Keputusan sepenuhnya pada anak, karena sudah dewasa. Jangan terlalu mencampuri keputusan yang sudah diputuskan anak-anak kita."

Jokowi mengakui telah bertemu dengan Prabowo Subianto di Istana Negara. Menurut dia pertemuan itu hal biasa, apalagi setelah dia melawat cukup lama ke luar negeri.

"Kan sudah lama enggak ketemu, biasalah laporan-laporan (selama saya di luar negeri)," kata Jokowi.

Namun, Presiden Jokowi tersenyum lebar, saat wartawan mengajukan pertanyaan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, soal siapa yang akan didukungnya di Pilpres 2024. Apakah masih akan mendukung Ganjar dan PDIP?

"Dukung semuanya, untuk kebaikan negara ini," kata Jokowi.

Apakah ini bisa diartikan turut mendukung Ganjar, Prabowo, dan Anies? "Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini," ujar Jokowi, mengulang jawabannya.

Jokowi pun enggan mengungkapkan apakah dirinya condong kepada salah satu pasangan capres dalam pemilu nanti.

Saat menyampaikan keterangan tersebut, Jokowi diapit Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf di sebelah kiri, dan Menteri Agama Yaqut Chopin Qoumas di sebelah kiri. Di belakangnya, terlihat Prabowo mengenakan baju koko lengan panjang warna putih.

Sekadar diketahui, pada Rabu (18/10/2023), Puan meminta wartawan bertanya kepada Jokowi, mengenai arah dukungan sang presiden di Pilpres 2024. Menyusul deklarasi dukungan Projo terhadap Prabowo Subianto di Pilpres 2024, Sabtu (14/10/2023).

"Pertanyaannya harus ditanyakan Pak Jokowi. Bukan ke saya. Nanti ditanyakan ke Presiden, kalau sudah pulang. Apakah masih dukung Pak Ganjar Pranowo, atau punya pilihan lain," kata Puan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

"Tolong ditanyakan. Saya juga mau tanya jawabannya," ucap Puan.

Adapun pertanyaan itu terlontar tak lama setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan salah satu gugatan yang membuat putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, berpeluang didaftarkan sebagai cawapres.

Editor: Surya