Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gaji Tak Kunjung Dibayarkan, Puluhan Karyawan PT Fara's Mogok Kerja
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 20-10-2023 | 08:54 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan karyawan PT Fara's Shipbuilding & Shiprepairs menggelar mogok kerja dan mendatangi kantor yang beralamat di Kawasan Bintang Industri II Tanjung Uncang Batam, Kamis (19/10).

Mereka melakukan aksi mogok lantaran hingga berita ini diunggah hak mereka itu belum dibayarkan oleh perusahan yang bergerak di bidang pembuatan kapal dan perbaikan kapal tersebut.

Menurut karyawan yang terdampak, mereka kerap kali mengalami hal keterlambatan pembayaran gaji karyawan.

"Sesuai kontrak kerja gaji dibayar per tanggal 15, tapi sampai sekrang belum juga dibayar. Biasanya paling lambat itu 3 hari, tapi ini sudah 4 hari makanya kita datangi kantor manajemen," ujar salah seorang karyawan yang dipekerjakan di PT Pax Ocean.

Menurutnya, PT Fara's Shipbuilding & Shiprepairs memperkerjakan karyawanya di berbagai tempat galangan kapal di Batam. Di antaran PT Pax Ocean, dan PT ASL Shipyard Tanjunguncang. Semuanya juga mengalami hal serupa.

"Kalau malam ini (kemarin-red) gaji kami belum dikeluarkan oleh perusahan, karyawan sub kontrak di PT ASL juga akan ikut mogok kerja. Dan kami akan melaporkan hal ini ke Dinas Tenaga Kerja," katanya.

Dia berharap petinggi PT Fara's Shipbuilding & Shiprepairs mengambil kebijakan terhadap nasip karyawan yang belum digaji itu.

Sementara itu, Human Resource Development (HRD) PT Fara's Dilla membantah tudingan tersebut. Dia juga meminta media untuk tidak membuat berita hoax. "Dapat info dari mana ya? Jangan membuat berita hoax," kata Dilla melalui pesan Whatsapp.

Editor: Dardani