Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

STY Optimistis Skuad Garuda Lolos Grup F Kualifikasi Piala Dunia
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-10-2023 | 19:16 WIB
Shin-Tae-yong12.jpg Honda-Batam
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong disebut optimistis mengantar skuad Garuda lolos babak Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hal tersebut diungkapkan asisten pelatih Nova Arianto selepas jumpa pers Media Cup 2023 di Tebet, Kamis (19/10/2023). Nova menyebut seluruh staf pelatih Timnas percaya kans lolos Indonesia sangat besar.

"Coach Shin [Tae Yong] yakin kita bisa lolos [dari persaingan Grup F]," kata Nova soal persaingan ketat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2023 hingga Juni 2024.

Optimisme tim pelatih Timnas ini bukan tanpa alasan. Selain karena kualitas tim Garuda yang dianggap meningkat, kekuatan lawan juga sudah dipelajari dengan saksama.

Nova mengatakan kekuatan Irak, Vietnam, dan Filipina sudah dipetakan. Bahkan Shin mengutus tim analis untuk menyaksikan langsung laga Irak versus Yordania pada 17 Oktober lalu.

"Tim calon lawan kita sudah kita pantau, termasuk Irak yang kita mengirim tim analisis. Kalau Vietnam dan Filipina kan sering ketemu di AFF," kata Nova soal kekuatan lawan Timnas.

"Jadi saya pikir kekuatan tidak jauh berbeda dengan di AFF. Irak memang menjadi lawan yang belum kita lawan, jadi kita pantau," ujar mantan pemain Persib Bandung ini.

Lawan pertama yang akan dihadapi Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawa adalah Irak. Laga ini akan berlangsung pada 16 November, kemungkinan di Amman.

Lima hari berselang, tepatnya 21 November, tim merah putih akan melawan Filipina. Awalnya Indonesia jadi tuan rumah, tetapi PSSI mengajukan main di Filipina lebih dahulu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha