Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KIM Bakal Umumkan Cawapres Prabowo Subianto, Senin atau Selasa
Oleh : Redaksi
Minggu | 15-10-2023 | 18:04 WIB
gibran-cawapres_b.jpg Honda-Batam
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bakal Cawapres Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan segera mengumumkan nama bakal calon presiden Prabowo Subianto usai disepakati oleh dalam rapat ketua-ketua umum partai anggota koalisi Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan nama bakal cawapres Prabowo akan diumumkan pekan depan.

"Minggu depan. Ini hari Minggu. Berarti antara Senin atau Selasa. Pokoknya sabar," katanya usai menghadiri rapat koordinasi pemenangan Partai Gerindra Jateng-DIY di Hotel Grand Mercure, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (15/10/2023).

Ia mengakui pengumuman nama cawapres Prabowo masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas pasal 169 q Undang-undang nomor 7 tahun 2017 mengenai Pemilihan Umum yang mengatur batas minimal usia capres-cawapres 40 tahun.

Jika gugatan tersebut dikabulkan, maka Gibran bisa melenggang maju di Pemilu 2024.

"Kita tunggu keputusan MK kayak apa. MK itu adalah lembaga peradilan yang semua keputusannya bersifat final dan mengikat," katanya.

Sebelumnya, daftar kandidat pendamping Prabowo mengerucut ke empat nama. Masing-masing dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan satu nama dari luar Jawa.

Muzani tak menampik Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka termasuk dalam daftar nama tersebut.

"Tunggu, tunggu. Sabar. Pasti ada nama yang dimaksud," jawabnya saat ditanya mengenai peluang Gibran menjadi cawapres Prabowo.

Editor: Surya