Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Projo Resmi Deklarasi Dukungan ke Prabowo Subianto sebagai Capres 2024
Oleh : Irawan
Minggu | 15-10-2023 | 10:36 WIB
prabowo_projo_b.jpg Honda-Batam
Projo menyatakan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Relawan Pro Jokowi (Projo) resmi mendeklarasikan dukungan capres 2024. Projo menyatakan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

"Kami Projo sepakat mendukung Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI pada Pilpres 2024 mendatang," kata Ketum Projo Budi Arie di depan rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023).

Dukungan itu disampaikan relawan setelah mendatangi rumah Prabowo. Sebelumnya, relawan Projo menggelar Rakernas di Indonesia Arena, GBK.

Rakernas itu dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan kriteria pemimpin ke depan.

Budi Arie juga menyinggung kriteria capres yang disebut Jokowi saat momen deklarasi itu. Budi Arie yakin kriteria yang disebut Jokowi merujuk pada Prabowo.

"Rakernas VI Projo kami sudah dibuka resmi oleh Bapak Presiden Jokowi. Beliau sudah menyampaikan beberapa hal, termasuk kriteria-kriteria calon pelanjut beliau. Kami dari Projo menyimpulkan bahwa calon yang dimaksud adalah Bapak Prabowo," katanya.

Budi Arie menilai kriteria yang disebut Jokowi penting untuk sosok pemimpin pada 2024. Dia yakin Prabowo adalah seorang patriot yang berkomitmen memajukan dan menyejahterkan rakyat.

"Karena kami melihat beberapa hal yang sangat penting adalah bahwa berani dan punya nyali, serta punya komitmen untuk terus memajukan Indonesia dan menyejahterakan rakyat, dan tidak mudah menyerah, pantang menyerah," ujarnya.

"Karena bangsa Indonesia harus punya karakter pantang menyerah, dan Pak Prabowo adalah patriot sejati," lanjut Budi Arie.

Dibuka Jokowi

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi delapan kali memukul gong dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI kelompok relawan Projo di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu, 14 Oktober 2023. Delapan pukulan itu membuat sejumlah orang yang hadir keheranan.

Presiden didampingi oleh para elite Projo, antara lain Ketua Umum Budi Arie Setiadi dan Sekretaris Jenderal Handoko saat memukul gong. Mereka tampak mengenakan setelan putih.

Selain dihadiri Jokowi, Rakernas VI Projo ini juga dihadiri Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Hanya saja Gibran pulang terlebih dahulu sebelum Jokowi datang.

Rakernas ini juga dihadiri pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan sejumlah tokoh elite politik lainnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, yang hadir dalam acara itu pun menyatakan heran dengan delapan kali pukulan gong tersebut, Padahal, rakernas kali ini adalah yang keenam.

"Bapak tadi tuh ini kan rakernas ke-6 pukul gongnya saya juga heran kok 8 gitu," kata Zulkifli saat ditemui di lokasi rakernas, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Dia mengaku menghitung jumlah pukulan gong Jokowi dalam acara itu. "Saya perhatiin gong dung dung dung 8," kata dia.

Meski begitu, dia tak mau berasumsi bahwa hal itu mengisyaratkan dukungan Jokowi kepada calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto yang lekat dengan angka delapan. Zulkifli justru mengutip kembali pernyataan presiden dalam pidato pembukaannya.

"Jangan buru-buru karena yang mau diumumin juga nggak ada di sini orangnya kan gitu," kata dia mengutip pidato Jokowi.

Editor: Surya