Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Parkir Semrawut, Warga Demo Manajemen BCS Mall
Oleh : hz/dd
Jum'at | 14-09-2012 | 16:49 WIB

BATAM, batamtoday - Puluhan massa dari Aliansi LSM dan Ormas Peduli Kota Batam melakukan unjuk rasa terhadap manajemen BCS Mall, Baloi atas lahan parkir yang semrawut dan memakan badan jalan yang merupakan fasilitas umum, Jumat (14/9/2012) sekitar pukul 14.00 WIB.


Ketua Aliansi LSM dan Ormas Peduli Kota Batam, Ismail, dalam orasinya mengatakan bahwa selama ini pihak BCS Mall tidak mengindahkan masalah parkir di lokasinya, sebab mengganggu ketertiban lalu lintas dan keselamatan pengendara.

"Pengelola manajemen BCS Mall selama ini hanya mengedepankan kepentingan bisnis semata, sebab tak menghiraukan keselamatan pengendara akibat semrawutnya lahan parkir mereka," ujar Ismail dalam orasinya.

Bahkan, lanjut Ismail, himbauan dari anggota DPRD Kota Batam untuk menertibkan lahan parkir mereka yang sangat semrawut dan menjadi biang kemacetan di ruas jalan Bunga Raya Baloi juga tak digubris pihak manajemen BCS Mall.

"Bukan hanya tak memikirkan keselamatan umum, himbauan anggota DPRD Kota Batam saja tak mereka tanggapi. Sudah tau salah, masih saja ngotot tak bersalah," tambahnya.

Senada dengan Ismail, Sabarudin, Korlap Aliansi LSM dan Ormas Peduli Kota Batam mengatakan pihaknya akan segera melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian tentang penyerobotan jalan umum yang dilakukan pihak BCS Mall untuk lahan parkir mereka.

"Akan kita laporkan kasusnya ke pihak kepolisian atas penyerobotan jalan umum, selain itu kita juga minta tanggapan dari Dishub dan Distako atas masalah ini," tegasnya.

Setelah melakukan orasi selama setengah jam, akhirnya perwakilan massa dipertemukan dengan pihak manajemen BCS Mall untuk menanggapi permasalahan tersebut dengan dimediasi pihak kepolisian.

Rudi Theo, Manajer BCS Mall dalam perundingan dengan pengunjuk rasa mengatakan pihaknya tidak ada kaitan dengan permasalahan parkir tersebut, sebab pengelolaan ada di tangan Dishub Kota Batam.

"Demo ini tak ada hubungan dengan kami, coba anda tanyakan langsung ke Dishub selaku aparat yang berwenang," jelas Rudi.

Usai mendapatkan jawaban yang kekurangan memuaskan dari pihak manajemen BCS Mall, akhirnya pengunjuk rasa membubarkan diri dan kembali akan menggelar demo kembali serta melaporkan hal ini ke pihak berwajib.