Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI-Polri dan BIN Berpengalaman Amankan Event Internasional
Oleh : Opini
Minggu | 08-10-2023 | 08:33 WIB
TNI111.jpg Honda-Batam
Ilustrasi pasukan TNI. (Foto: Net)

Oleh Yurike Adisty

SEGUDANG pengalaman dalam mengamankan banyak event internasional yang diselenggarakan di Indonesia, semua jajaran aparat keamanan dari personel gabungan yang terdiri dari Badan Intelijen Negara (BIN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki optimisme yang sangat tinggi. Mereka semua yakin bahwa perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum 2023 pasti akan mampu berjalan dengan sangat lancar.

Tidak tanggung-tanggung, aparat keamanan dari personel gabungan dan berbagai stakeholder terkait lainnya mengerahkan hingga sebanyak 15.581 personel dalam rangka mengamankan forum negara pulau dan kepulauan yang digelar di Bali tersebut.

Mengenai hal tersebut, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra yang juga didampingi oleh Kabaharkam Polri Komjen Polisi Mohammad Fadil Imran menjelaskan bahwa seluruh pihak aparat keamanan telah saling berkolaborasi dan berkoordinasi.

Kemudian, dengan adanya apel gelar pasukan yang juga diikuti oleh belasan ribu personil BIN, TNI dan Polri serta berbagai stakeholder lainnya bertujuan untuk mengecek kesiapan yang dimiliki oleh seluruh personel dan materiil dalam melaksanakan tugas pengamanan, khususnya kepada para Kepala Negara dan juga kepada para delegasi peserta KTT AIS Forum yang berlangsung mulai tanggal 8 hingga 13 Oktober 2023.

Sebagai informasi, forum internasional tersebut akan dihadiri oleh berbagai perwakilan dari puluhan negara pulau dan kepulauan, dengan target hingga 25 perwakilan setingkat Kepala Negara atau Pemerintahan dan sebanyak 30 hingga 47 perwakilan setingkat menteri, dimana ini menjadi tantangan tersendiri bagi aparat keamanan dari personel gabungan BIN, TNI dan Polri.

Meski memiliki tantangan tersendiri karena banyaknya pihak yang harus dikawal dan diamankan, namun tetap saja semua aparat keamanan dari personel gabungan tersebut sangat meyakini bahwa dengan berbagai kesuksesan yang telah berhasil digelar oleh Tanah Air untuk menjadi tuan rumah pada beberapa ajang bertaraf internasional, maka mulai dari BIN, TNI dan Polri sudah sangat siap untuk mengamankan ajang KTT AIS Forum 2023 itu yang akan digelar di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada 10 - 11 Oktober 2023.

Bagaimana tidak, optimisme yang dimiliki oleh seluruh aparat keamanan dari personel gabungan tersebut sangatlah tinggi untuk bisa mengamankan berbagai macam gelaran bertaraf internasional yang dihelat di Indonesia karena memang selama ini, Indonesia mampu menunjukkan bahkan kepada dunia terkait kapasitas bangsa ini untuk mampu menjadi tuan rumah dan melakukan pengamanan pada event yang berskala internasional, besar dan juga bersifat kompleks.

Maka dari itu, menjadi kepercayaan diri seluruh jajaran aparat keamanan dari personel gabungan serta bagaimana semangat juang yang dimiliki oleh setiap individu dari personel aparat yang mengikuti kegiatan gelar apel pasukan itu.

Diketahui bahwa khusus untuk personel TNI yang tergabung ke dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP akan menyelenggarakan Operasi Pengamanan (PAM) VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden (Wapres) dan juga para tamu negara yang setingkat dengan Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan dalam kegiatan pengamanan VVIP tersebut.

Untuk seluruh aparat keamanan yang terdiri dari pasukan gabungan dan menjadi peserta apel gelar pasukan itu terdiri dari banyak pihak seperti diantaranya adalah personel Satuan Tugas (Satgas) Intelijen, Satgas Pengamanan Wilayah (Panwil), Satgas VVIP, Satgas Passys (Pasukan Khusus), Satgasla (Satuan Tugas Laut), Satgasud (Satuan Tugas Udara), Satgas Bandara atay Pelabuhan atau Instalasi, Satgas Medis, Satgas Komlek (Komunikasi Elektronik), Satgas Pen (Penerangan), Satgas Evakuasi, Satgas VIP dan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Korps Musik (Korsik).

Pada kesempatan itu, Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk pengamanan VVIP pun turut diperlihatkan seperti kendaraan Jammer, Mobil Chamber, kendaraan Ops Basarnas, Smart Hunter Satgasud, JForce Passus, Jihandak Paspampres, Baracuda Polri, kendaraan Satwa Paspampres, kendaraan taktis Anoa Paspampres, kendaraan Air Patrol, Dump Truck, Becho Louder, Inkas Passus, Baracuda Polri, Nubika Paspampres, Bushmaster Passus, Mobil Komob Satgasud, Mobil Chamber Satgasla, Sea Raider Satgasla, Mobil Kawal, Ambulance Medis, Demax Ladder Passus, Mobil Mobil BPBD, Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik, Water Cannon, LC Armor Passus, D Max Ladder, dan Atav Passus.

Optimisme sangat tinggi, seluruh jajaran aparat keamanan dari personel gabungan yang terdiri dari BIN, TNI hingga Polri meyakini bahwa gelaran KTT AIS Forum pada tahun 2023 di Bali pasti akan lancar dan aman. Hal tersebut dikarenakan seluruh pihak memang telah memiliki segudang pengalaman dalam mengamankan event bertaraf internasional yang dihelat di Indonesia.*

Penulis adalah alumni Universitas Airlangga Surabaya