Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Visi Indonesia Maju GP Tarik Dukungan Ulama Sumbar
Oleh : Opini
Sabtu | 07-10-2023 | 18:12 WIB
GANJAR-JOKOWI2.jpg Honda-Batam
Ganjar Pranowo saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi. (Foto: Net)

Oleh Septa Kurnia Wibowo

SEJUMLAH ulama dan juga para pimpinan dari Pondok Pesantren (Ponpes) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan dukungan penuh mereka untuk Ganjar Pranowo. Mereka semua menilai bahwa sosoknya memang sangat layak untuk bisa menjadi seorang Presiden Republik Indonesia (RI) pada tahun 2024 mendatanng.

Hal tersebut dikarenakan Ganjar memiliki visi untuk Indonesia Maju yang menjadi alasan utama mengapa dukungan kepadanya terus mengalir dari berbagai macam jenis dan kalangan masyarakat di seluruh Tanah Air.

Mengenai hal tersebut, Ketua Ponpes di Sumbar, Ustadz Akmal Hadi mengatakan, dirinya sangat mendukung penuh sosok mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang pernah menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir itu sebagai sosok Presiden dan pemimpin masa depan bangsa paling ideal.

Bagaimana tidak, pasalnya memang Ganjar Pranowo sendiri merupakan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan banyak kalangan pesantren, termasuk juga para kyai. Bahkan dirinya mampu mendapatkan banyak sekali dukungan secara luas dari berbagai lapisan dan kalangan masyarakat lantaran sikapnya yang memang sangat merakyat.

Prestasi yang dimiliki oleh pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih tersebut ketika dia masih memimpin Jateng dan juga mampu untuk terus menjaga keharmonisan akan kehidupan umat beragama di wilayah yang pernah dipimpinnya merupakan salah satu dari sekian banyak bukti konkret mengenai bagaimana kepemimpinannya yang sangat luar biasa.

Banyak sekali diantara masyarakat di Indonesia yang terus terkesima dan terkesan dengan bagaimana sosok asli Ganjar Pranowo ketika pernah berjumpa langsung dengannya. Masyarakat melihat bahwa dalam diri pemimpin masa depan bangsa itu terdapat kecerdasan serta wibawa dan juga jiwa kepemimpinan yang sangat sesuai dengan bagaimana kehendak rakyatnya.

Sementara itu, Ulama Karismatik dari Sumatera Barat (Sumbar), Tuanku Bagindo Muhammad Letter menyatakan bahwa memang Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu sudah sangat pantas untuk bisa menahkodai Indonesia pada tahun 2024 hingga 2029 mendatang.

Bukan tanpa alasan, tentunya pendapat tersebut dikarenakan seperti apa rekam jejak yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo selama ini yang juga sangat luar biasa dan dirinya memang telah sangat berpengalaman sebagai seorang pemimpin bahkan dalam beberapa periodenya, termasuk juga ketika masih duduk di bangku parlemen sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Bagaimana kemampuan serta pengalaman yang dimiliki oleh pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu dalam memimpin, mulai dari tingkat legislatif hingga eksekutif pun memang dianggap sebagai modal yang sangat berharga yang dimilikinya untuk bisa terus membangun bangsa ini menjadi jauh lebih baik lagi nantinya.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga memiliki visi untuk bisa mewujudkan Indonesia Maju, yang mana saat ini memang sedang ditransformasikan oleh Presiden RI ketujuh, yakni Joko Widodo (Jokowi). Para ulama dan juga para pimpinan di Pondok Pesantren di seluruh Provinsi Sumatera Barat pun melihat sosoknya bukan hanya sebagai seorang pemimpin yang peduli pada bidang pendidikan saja.

Melainkan, mereka semua melihat bahwa kader dari partai politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memiliki komitmen yang sangat luar biasa untuk bisa meningkatkan perekonomian rakyat melalui berbagai macam program pemberdayaan yang telah sangat sukses untuk dijalankan selama masa jabatannya menjadi Gubernur di Jawa Tengah.

Terlebih, Ganjar Pranowo juga memiliki slogan dan juga sekaligus menjadi motto dari kepemimpinannya, yakni 'Tuanku ya Rakyat, Jabatan Cuma Mandat', sehingga dengan slogan tersebut menjadikan dirinya sangat mampu untuk terus menunjukkan moralitas yang sangat tinggi serta bagaimana tekad kuatnya untuk bisa memimpin Indonesia dengan penuh akan integritas.

Adanya dukungan tambahan yang diberikan oleh para ulama serta pimpinan Ponpes di Sumbar kepada kader dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu merupakan hasil dari gabungan antara prestasi serta rekam jejak yang dimiliki olehnya selama ini sebagai Calon Presiden (Capres) yang dinilai masyarakat sangat mengesankan.

Ganjar Pranowo sendiri juga telah memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada bagaimana pemerintahan di era kepemimpinan Presiden Jokowi yang dinilainya telah berhasil meraih banyak prestasi penting. Maka dari itu, dirinya bertekad untuk terus melanjutkannya dalam berbagai bidang seperti diantaranya adalah infrastruktur, pertanian dan ekonomi hijau.

Memang fondasi yang telah diletakkan oleh Presiden Joko Widodo sendiri memberikan dasar yang sangat kuat untuk bisa mencapai visi Indonesia Maju. Maka dari itu, pemimpin berusia 54 tahun tersebut memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa melanjutkan dan terus memperluas berbagai program hingga protek yang telah dicanangkan oleh pemerintah selama ini.

Seluruh kelebihan yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut menjadikan para ulama dan pimpinan Ponpes di seluruh Sumbar meyakini bahwa dirinya memang sangat layak untuk bisa menjadi Presiden RI pada tahun 2024 mendatang. Terlebih dengan visinya untuk mewujudkan Indonesia Maju.*

Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)