Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Psikolog UB Apresiasi Kepedulian GP pada Isu Kesehatan Mental Masyarakat
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-10-2023 | 09:24 WIB
GANJAR-JOKOWI.jpg Honda-Batam
Ganjar Pranowo menyambut Presiden Jokowi saat Kongres PDIP di Jakarta. (Foto: Net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Psikolog dari Universitas Brawijaya (UB), Sukma Kumala memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas bagaimana kepedulian yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo pada isu kesehatan mental di masyarakat.

Sukma menyebut bahwa gagasan yang dimiliki oleh pemimpin berambut putih mengenai kesehatan mental itu memang merupakan sesuatu yang sudah tepat.

Terlebih, ternyata sejauh ini, hanya Ganjar Pranowo yang merupakan Capres dengan komitmen sangat kuat serta peduli akan isu kesehatan mental.

Menurut Sukma, seorang pemimpin memang seharusnya mampu memiliki pemahaman yang baik serta perhatian terhadap berbagai macam isu yang menjadi keresahan masyarakat, khususnya kalangan remaja.

Dalam konteks tersebut, Psikolog UB itu menilai bahwa hanya Ganjar Pranowo yang sudah jauh lebih siap terkait penanganan maupun penanggulangan kesehatan mental.

"Intinya adalah Pak Ganjar memiliki perhatian tentang kesehatan mental. Hal ini menunjukkan bahwa beliau sebagai seorang leader perlu untuk bisa memiliki perhatian yang komprehensif dan meluas pada berbagai spektrum persoalan di Indonesia," katanya.

"Salah satunya adalah kepekaan beliau terasah atas potret fenomena kurangnya penanganan dan perhatian akan masalah kesehatan mental remaja," tambah Sukma.

Terkait dengan bagaimana gagasan yang dikemukakan oleh pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu, dirinya juga menyoroti bahwa hendaknya pemerintah mampu melakukan pengadaan fasilitas kesehatan mental yang memadai.

"Sehingga, ke depannya diharapkan para remaja ini bisa menjadi agen perubahan. Mereka bisa membawa atau mengajak teman sebaya-nya ke arah yang lebih baik, bisa menjadi kontrol bagi dirinya sendiri maupun ke lingkungan sekitarnya," ujar Psikolog UB tersebut.

Apresiasi sangat tinggi juga datang dari para anak muda, yakni salah seorang mahasiswi di FISIP Universitas Indonesia (UI), Tabina Almira yang mengaku kagum atas bagaimana pemaparan Ganjar Pranowo mengenai isu kesehatan mental.

"Tadi memaparkan beberapa materi untuk Indonesia emas, terus saya lihat ada beberapa poinnya yang highlight itu adalah poin di kesehatan. Dia (Ganjar) akan memberikan fasilitas kesehatan mental, yang mana itu menjadi atensi gen Z sekarang," katanya.

Sebelumnya, pada saat memberikan kuliah umum bagi ribuan mahasiswa baru di Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Capres yang diusung oleh PDI Perjuangan itu mengangkat isu kesehatan mental yang kini banyak dialami para remaja.

Menurut Ganjar, memang negara perlu hadir untuk bisa mengatasi isu tersebut di kalangan pemuda. Misalnya dengan memperbanyak layanan fasilitas kesehatan mental.

"Menghadapi bonus demografi, hal yang tidak boleh dilupakan adalah persoalan kesehatan mental. Ini persoalan yang sangat penting diselesaikan, tapi masih banyak yang belum peduli soal ini," katanya.

Editor: Dardani