Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh Relawan Sumbar Tetap Fokus dan Penuh Semangat Dukung GP
Oleh : Opini
Senin | 02-10-2023 | 16:04 WIB
A-jam-gadang114.jpg Honda-Batam
Ilustrasi 'Jam Gadang' di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. (Foto: Net)

Oleh Benny Syahputra

GANJAR Pranowo (GP) kini telah mengantongi dukungan dari masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Relawan Ganjar di Sumbar fokus untuk memenangkan beliau di provinsi tersebut. Mereka dengan penuh semangat mendukung Ganjar Pranowo karena yakin bahwa beliaulah sosok terbaik yang menjadi presiden Indonesia selanjutnya.

Ganjar Pranowo menjadi capres dari PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan). Ganjar menjadi pilihan rakyat karena tidak hanya memiliki visi dan misi yang bagus. Beliau juga punya tekad untuk menjaga perdamaian dan persatuan di Indonesia. Tak heran makin banyak relawan Ganjar di seluruh Indonesia, termasuk di Sumbar.

Massa yang tergabung dalam relawan DES (Desa untuk Ganjar Sumatera Barat) mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden 2024-2029. Adapun relawan tersebut dari terdiri dari petani, nelayan, ibu-ibu majelis taklim, hingga milenial di Green Talao Park, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumbar.

Dukungan tersebut diberikan karena Ganjar dinilai memiliki kecakapan, karakter yang teguh, serta wibawa dalam memimpin dan pantas melanjutkan kepemimpinan Nasional 2024-2029.

Ketua Des Desa untuk Ganjar Sumbar, Iswandi mengatakan dukungan kepada Ganjar tersebut merupakan perwujudan dari cita-cita masyarakat dalam mewujudkan kemajuan desa. Masyarakat menilai, Ganjar dengan sikap egaliternya, lebih memahami mengenai desa dan kebutuhan masyarakat di dalamnya.

Iswandi menyebut, pengalaman dan keberhasilan Ganjar dalam birokrasi pemerintahan tak perlu diragukan lagi. Pria berambut putih itu dicintai rakyatnya untuk memimpin Provinsi Jawa Tengah selama dua periode. Selain itu, Ganjar juga pernah menjadi Anggota DPR RI dan berhasil mengegolkan UU tentang Desa serta berbagai regulasi lain terkait perlindungan dan kesejahteraan desa.

Di Jateng, lanjut Iswandi, Ganjar memiliki beragam inovasi dan selalu bergerak cepat untuk mengentaskan masalah kesejahteraan masyarakat desa dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Mulai dari program sekolah gratis, Lapak Ganjar guna mendorong UMKM, hingga Kartu Tani.

Ganjar Pranowo menyatakan bahwa Lapak Ganjar dibuat secara tidak sengaja. Saat ada pedagang kaki lima tidak bisa jualan, diusir Satpol PP. Kemudian ada anak muda yang menyampaikan bahwa follower beliau di Instagram sudah 5 juta, mengapa tidak bantu penjualan UMKM?

Kemudian Ganjar Pranowo membantu mewujudkannya dan membuat 'Lapak Ganjar' yang merupakan ajang promosi online khusus untuk produk UMKM. Caranya, Ganjar mengiklankan produk yang telah mendaftar program Lapak Ganjar, melalui akun media sosial pribadinya. Ganjar mempromosikan produk tersebut secara gratis. Dengan cara ini maka pebisnis UMKM makin berkembang.

Oleh karena itu masyarakat Sumbar yang pada umumnya suka berwirausaha mendukung Ganjar Pranowo. Mereka suka karena Ganjar berusaha agar para pebisnis UMKM makin maju dengan cara membuka program Lapak Ganjar. Beliau memahami bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia sehingga harus didukung.

Sementara itu, Para pengusaha muda finalis Hetero for Startup (HFS) di Sumbar mengapresiasi program dan mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI. Program ini diinisiasi Ganjar untuk mendukung pengusaha UMKM.

Fajri menyatakan bahwa HFS merupakan program yang bagus karena memberikan banyak ruang bagi pengusaha rintisan untuk mempelajarai berbagai hal, seperti fondasi, literasi keuangan, marketing, dan lain sebagainya. Para pengusaha juga belajar bersama mentor-mentor yang sangat luar biasa sehingga banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan.

Dukungan dari para pengusaha di Sumatera Barat sangat berarti. Mereka yang berwirausaha membutuhkan support. Ganjar sebagai capres memiliki program HFS yang bisa meningkatkan kualitas para pebisnis sehingga mereka tak hanya lihai di bidang marketing, tetapi juga bisa mengatur keuangan dan punya kecakapan bisnis lain.

Sementara itu, Kelompok Relawan Pro Ganjar mendeklarasikan dukungan terhadap bacapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Deklarasi itu disampaikan salah satu relawan Ganjar Haposan Situmorang dalam acara 'Deklarasi Nasional Projo Ganjar', Rabu 27 September 2023.

Haposan menilai Ganjar merupakan sosok yang merakyat. Oleh karena itu ia dan segenap relawan Ganjar bertekad untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 nanti. Ia memohon kepada para relawan Ganjar untuk solid dan bergerak mencerdaskan rakyat memberikan pilihan kepada rakyat yaitu Bapak Ganjar Pranowo.

Dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat Sumbar sangat berarti. Mereka dengan sepenuh hati berusaha keras memenangkan Ganjar Pranowo di Sumbar sehingga beliau bisa menjadi Presiden Indonesia selanjutnya. Warga Sumbar paham bahwa Ganjar adalah sosok yang paling pas untuk jadi pemimpin di negeri ini, karena dekat dengan rakyat kecil dan mendukung para pengusaha UMKM.

Ganjar Pranowo adalah capres yang paling perhatian kepada rakyat kecil. Oleh karena itu makin banyak relawan Ganjar di Indonesia, terutama di Sumbar. Warga Sumbar mendukung penuh Ganjar Pranowo agar menjadi presiden, dan bertekad untuk memenangkan beliau, tak hanya di Sumatera tetapi juga di seluruh Indonesia.*

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang