Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Urgensi Kehadiran Pemimpin Religius di Pilpres 2024
Oleh : Opini
Minggu | 01-10-2023 | 17:33 WIB
PERSATUAN-RI.jpg Honda-Batam
Ilustrasi tokoh agama di Indonesia. (Foto: Net)

Oleh Amara Anindya

GANJAR Pranowo (GP) dinilai sebagai sosok pemimpin religius yang telah membangun rumah ibadah di Jawa Tengah sejak 2014 hingga masa kepemimpinan sebagai Gubernur Jawa Tengah berakhir. Setidaknya ada ratusan masjid dan musala yang dibangun untuk kepentingan masyarakat. Hal ini tentu saja menjadi salah satu portofolio bagi Ganjar untuk maju sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024.

Mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode tersebut, telah mendapatkan dukungan dari ratusan tokoh agama dan tokoh adat Minangkabau yang menyataan dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo.

Ulama Kharismatik di Padang Tuanku Bagindo M Letter mengatakan bahwa Ganjar layak menjadi Presiden, sebab Ganjar memiliki rekam jejak yang baik dan sudah berpengalaman sebagai pemimpin baik ketika beberapa periode menjadi anggota DPR, maupun saat menjadi Gubernur.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Fauzi Bahar menyebutkan bahwa para ulama Sumatera Barat telah bersepakat untuk mendukung Ganjar. Menurutnya, Ganjar merupakan pemimpin yang sederhana, bersahaja, jujur dan mengerti aspirasi masyarakat bawah.

Dukungan untuk Ganjar mengalir deras dari Ganjar Milenial Sumbar. Ketua Ganjar Milenial Sumbar Pandu Putra Utama mengatakan, bahwa gerakan ini terdiri dari para anak muda yang memiliki latar belakang berbeda, mulai dari aktivis sosial, lingkungan dan pegiat media sosial di Sumatera Barat untuk mendukung Ganjar sebagai calon presiden masa depan.

Pandu melanjutkan, ke depannya gerakan ini akan melaukan sebuah gebrakan untuk menarik minat anak muda di Sumatera Barat agar bergabung dan mendukung Ganjar. Gebrakan tersebut akan direpresentasikan dengan kegiatan-kegiatan kreatif anak muda.

Milenial Sumbar Basamo juga menggelar gotong-royong untuk memberikan bantuan di rumah ibadah, yakni Musala atau Masjid Baitul Jalal, yang terletak di Perumahan Jalan Utama 2, Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan gotong royong yang dihelat oleh sukarelawan terdiri dari para pemuda di Tanah Minang yang mendukung sosok Ganjar Pranowo tidak hanya mereka lakukan sendirian, melainkan juga turut diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh elemen dan lapisan masyarakat dari berbagai kalangan di sekitar.

Ketua Milenial Sumbar Basamo Ganjar, Mahmudin mengungkapkan bahwa adanya pelaksanaan tersebut juga untuk semakin membudayakan masyarakat agar dapat hidup jauh lebih bersih. Termasuk juga mengajak para generasi muda agar selalu menjaga keindahan masjid serta musala sebagai rumah ibadah untuk umat Islam.

Kelompok sukarelawan tersebut juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk menciptakan rumah ibadah bagi umat Muslim, yakni masjid ataupun musala dengan bersih bersama para generasi muda, mulai dari generasi milenial hingga gen Z.

Pelaksanaan gotong-royong di Baitul Jalal merupakan langkah awal mereka, namun ke depannya juga akan terus dilanjutkan di rumah ibadah lain, lantaran tidak bisa dipungkiri bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan dalam rumah Ibadah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Musala Baitul Jalal, Syahrial mengungkapkan rasa terima kasihnya yang begitu besar, karena dengan adanya kegiatan gotong royong tersebut akan membuat rumah ibadah bagi masyarakat di sekitar menjadi lebih bersih dari sebelumnya. Apalagi aktivitas tersebut berdekatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Di sisi lain, tujuan dari para relawan Ganjar Pranowo yang terdiri dari para milenial di Provinsi Sumatera Barat bukan hanya untuk mewujudkan lingkungan di masjid atau musala yang semakin bersih, gerakan mereka juga terus menjaga komitmen untuk dapat merangkul para generasi muda lainnya agar turut meramaian musala dengan berbagai macam upaya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan acara wirid remaja yang dihelat setiap pekan, di mana kegiatan tersebut juga selalu dipenuhi dengan semarak dan juga antusiasme yang tinggi dari para anak muda.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya dukungan yang selama ini telah diberikan dari pemuda setempat kepada Milenial Sumbar untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo agar bisa semakin banyak. Sehingga ke depannya para generasi muda di Tanah Minang tersebut akan semakin gemar mengunjungi masjid atau musala setempat.

Segala upaya yang telah dilakukan tersebut tentu saja berguna untuk mengajak kepada para generasi muda agar senantiasa melakukan banyak hal positif dan turut bergabung ke dalam berbagai hal yang baik juga mendapatkan respon yang sangat positif dari para milenial setempat.

Sosok Ganjar yang nasionalis didukung dengan latar belakang yang religius tentu saja menjadi modal bagi Ganjar untuk mendapatkan atensi serta dukungan dari masyarakat, tak terkecuali masyarakat di Sumatera Barat.

Ganjar Pranowo telah menunjukkan identitas sebagai pemimpin yang ideal untuk Indonesia, tak heran jika banyak dukungan dari berbagai kalangan masyarakat yang menginginkan sosok Ganjar sebagai Presiden RI setelah Jokowi.*

Penulis adalah kontributor GIGIH (Gerakan Inklusif Ganjar untuk Indonesia Harmoni)