Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

GP Tipe Pemimpin yang Turun Langsung Mengatasi Masalah Rakyat
Oleh : Opini
Sabtu | 30-09-2023 | 09:16 WIB
A-jam-gadang113.jpg Honda-Batam
Ilustrasi 'Jam Gadang' di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. (Foto: Net)

Oleh Benny Syahputra

RATUSAN masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) mendukung penuh Ganjar Pranowo (GP) sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024. Ganjar dinilai sebagai pemimpin yang turun langsung demi mengatasi berbagai permasalahan rakyat Indonesia. Negeri ini butuh sosok yang memperhatikan warganya dan cepat tanggap dalam menanggapi berbagai keluhan mereka.

Pemilu 2024 menjadi sangat meriah dan masyarakat menanti siapakah yang akan menggantikan sosok Presiden Jokowi. Mereka yakin memilih Ganjar Pranowo, dan beliau menjadi capres idola semua orang. Ganjar Pranowo dikenal ramah dan gemar terjun langsung ke pemukiman masyarakat, membuat rakyat makin yakin untuk memilihnya pada Pemilu mendatang.

Ganjar Pranowo adalah capres favorit banyak orang, termasuk warga di Sumatera Barat. Beliau didukung karena bisa merangkul semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Masyarakat Sumbar yakin beliau akan memenangkan Pemilu 2024 hanya dalam satu periode.

Sebanyak 200 orang relawan Ganjar Pranowo mendeklarasikan dukungannya di Hotel Kawana, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu 27 September 2023. Konsolidasi relawan perlu dilakukan untuk menyamakan visi dan misi pemenangan Ganjar Pranowo di Sumbar. Pantang mundur hingga menang menjadi moto utama relawan Ganjar Pranowo se-Sumatera Barat yang merupakan gabungan relawan Forlop Indonesia dan Harmomi Indonesia.

Koordinator Relawan Forlop Indonesia Tim Harmoni Indonesia Sumatera Barat Happy Novita mengatakan, ia melakukan kegiatan deklarasi bersama relawan se-Sumatera Barat untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Alhamdulillah acara ini dihadiri oleh 200 relawan. Mereka berasal dari kalangan Z, milenial, dan dari seluruh usia.

Happy Novita yang juga Ketua RTI (Rumah Tani Indonesia) Sumatera Barat ini memantapkan diri untuk mendukung Ganjar Pranowo. Ia telah mengenal sosok Gubernur Jawa Tengah itu sejak lama. Ia dan seluruh relawan bertekad untuk memenangkan Ganjar di Pemilu 2024 mendatang dan menangkal berita hoaks mengenainya.

Para relawan Ganjar sudah mengikuti Ganjar sejak beliau jadi anggota DPR RI. Mereka juga melihat keharmonisan keluarga Ganjar, termasuk caranya mendidik anak. Di luar itu, Ganjar selalu turun langsung mengatasi masalah apapun di daerah-daerah Jawa Tengah selama menjabat Gubernur selama dua periode.

Banyaknya relawan di Sumatera Barat menunjukkan kecintaan masyarakat di sana terhadap Ganjar Pranowo. Mereka menilai Ganjar sangat merakyat dan memperhatikan masyarakat, terutama yang berasal dari kelas bawah. Ganjar tidak segan menyapa orang-orang saat sedang melakukan lari pagi dan tidak menjaga jarak. Saat menjadi gubernur pun mottonya 'tuanku ya rakyat, gubernur Cuma mandat'.

Ganjar Pranowo dinilai sebagai sosok yang sering turun langsung untuk mengatasi masalah-masalah di lapangan. Contohnya ketika beliau meninjau suatu daerah di Jawa Tengah. Ternyata ada jalan yang rusak berat.

Ganjar langsung memanggil kepala daerahnya dan meminta pertanggung jawaban agar jalan tersebut segera diperbaiki. Rakyat makin mengaguminya karena beliau langsung to the point dan memperhatikan apa saja kebutuhan mereka.

Kemudian, Ganjar juga membongkar pungli (pungutan liar) yang dilakukan seorang oknum kepala sekolah di Jawa Tengah. Ketika beliau melakukan audensi dengan para murid, ada salah satu siswa yang bercerita kalau dia wajib membayar tarikan. Padahal biaya sekolah 100 persen gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Spontan Ganjar menegur keras oknum tersebut dan meminta agar biaya tarikan dikembalikan lagi ke para murid.

Anak-anak juga terbukti mencintai Ganjar Pranowo dan mereka selalu minta untuk foto bersama ketika bertemu dengan beliau. Hal ini menandakan Ganjar tak hanya disukai orang dewasa tetapi juga anak kecil.

Sementara itu, Para ibu di Sumbar membuat kelompok pendukung bernama Mak Ganjar di Sumatera Barat. Nour, koordinator Mak Ganjar Sumbar menyatakan bahwa relawan Mak Ganjar berlatar-belakang agama berbeda tetapi bersatu mendoakan kemajuan dan kemakmuran Indonesia, dan agar dibimbing Tuhan Yang Maha Esa dalam memilih pemimpin yang tepat. Lima pemuka agama dihadirkan untuk secara bergantian memanjatkan doa.

Para ibu tersebut menilai Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang tepat karena dinilai nasionalis, merakyat, dan konsisten kinerjanya. Ganjar dinilai mereka selalu tampil jujur apa adanya, sangat ramah terhadap rakyat kecil, serta sangat terbuka terhadap masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk para ibu.

Nour menambahkan, ia pribadi sangat suka dengan program-program Ganjar saat memimpin Jawa Tengah. Salah satunya program Lapak Ganjar. Sebagai informasi, Lapak Ganjar adalah ajang promosi online khusus untuk produk UMKM. Ganjar mengiklankan produk yang telah mendaftar program Lapak Ganjar, melalui akun media sosial pribadinya. Ganjar mempromosikan produk tersebut secara gratis.

Dalam artian, para ibu di Sumbar mendeklarasikan dukungannya untuk Ganjar Pranowo karena yakin bahwa beliau bisa membawa Indonesia jadi lebih maju. Ganjar adalah sosok yang merakyat dan mengerti apa saja kebutuhan masyarakat.

Ganjar Pranowo didukung penuh oleh masyarakat Sumbar yang terdiri dari anak muda, orang dewasa, dan ibu-ibu. Mereka yakin Ganjar akan jadi presiden yang amanah dan merakyat. Ganjar sangat pas jadi pemimpin Indonesia karena sering turun langsung dalam mengatasi berbagai masalah masyarakat di negeri ini.*

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang Sumbar