Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pj Wako Hasan Buka Festival Moon Cake Tanjungpinang 2023
Oleh : Redaksi
Jumat | 29-09-2023 | 14:28 WIB
2222_moon-cake_023493498357813578.jpg Honda-Batam
Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos secara resmi membuka kegiatan Festival Moon Cake di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Jumat (29/09/2023). (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos secara resmi membuka kegiatan Festival Moon Cake di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Jumat (29/09/2023).

Festival Moon Cake atau Festival Kue Bulan diinisiasi oleh Pokdarwis Bertuah dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-21.

Dalam sambutannya, Pj Wako Hasan mengapresiasi event wisata tahunan Festival Moon Cake sebagai tradisi masyarakat Tionghoa di Kota Tanjungpinang.

"Kegiatan ini telah menjadi kalender event di Kota Tanjungpinang yang diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan mancanegara, khususnya wisman Tiongkok yang tersebar di seluruh daerah," ucapnya.

Hasan berharap, melalui event perayaan Festival Kue Bulan yang memiliki makna menyebarkan nilai kasih sayang dan cinta kasih dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Sesuai filosofi kue bulan, bulat menggambarkan rasa cinta kasih yang erat, utuh dan tidak pernah putus, maka diharapkan Moon Cake Festival dapat menyebarkan nilai kasih sayang dan cinta kasih terhadap keluarga dan kepada sesama," ungkap Hasan.

"Untuk itu mari kita tingkatkan kepedulian yang tidak pernah putus terhadap masyarakat yang kurang beruntung, khususnya di Kota Tanjungpinang melalui program sosial untuk mempererat persatuan dan kesatuan," tambahnya.

Hasan berharap kegiatan tradisi ini terus dipertahankan dan dikemas dengan menarik agar dapat berdampak positif, baik di bidang pariwisata dan perekonomian masyarakat.

"Pemerintah Kota Tanjungpinang akan mendukung dan turut memfasilitasi pelaksanaannya, agar kegiatan Festival Moon Cake ini menjadi daya tarik wisatawan dan masyarakat untuk datang meramaikan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Sehingga kawasan Kota Lama ini kembali ramai seperti dulu dan menjadi tujuan wisata unggulan di Kota Tanjungpinang," harapnya.

Kegiatan akan diisi dengan serangkaian kegiatan, antara lain Pawai Chang'e, Lomba Melukis Chang'e, Berbagi Mooncake, Moon Cake Dinner, serta Kapal Chang'e.

Editor: Gokli