Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo Lagu Sex Pistols yang Lama Hilang Telah Ditemukan
Oleh : dd/rs
Kamis | 13-09-2012 | 10:49 WIB

LONDON, batamtoday - Demo lagu yang telah lama hilang milik unit punk rock pionir asal Inggris, Sex Pistols, akhirnya ditemukan. Lagu bertajuk “Belsen Was a Gas” yang dinyanyikan asli oleh Johnny Rotten ini pun kemudian dirilis di dunia maya.


Classic Rock melaporkan, lagu yang bercerita mengenai kamp konsentrasi Nazi ini ditulis oleh mendiang Sid Vicious sebelum ia bergabung dengan band. Lagu yang terbilang kontroversial ini sempat ditampilkan dalam konser Sex Pistols menjelang akhir karier mereka pada 1978.

Senin (10/9) lalu, lagu tersebut telah diluncurkan untuk mempromosikan box set peringatan 35 tahun Sex Pistols yang akan keluar 24 September mendatang. Demo ditemukan saat band memutuskan pindah dari Virgin Records ke Universal Music Group baru-baru ini.

Produser box set tersebut mengungkapkan, “Subjek kontroversial dan humor gelap lagu tersebut dirancang untuk membuat kesal dan memprovokasi. Tentu saja lagu yang menarik untuk katalog terbatas dari Sex Pistols.”

Selama versi demo hilang, lagu ini hanya menyisakan versi live dan studio yang dinyanyikan oleh Ronnie Biggs dalam scoring film The Great Rock ‘N Roll (1979).