Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meneropong Visi Indonesia Maju-nya GP di Pilpres 2024
Oleh : Opini
Minggu | 24-09-2023 | 15:36 WIB
A-jam-gadang19.jpg Honda-Batam
Ilustrasi 'Jam Gadang' di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. (Foto: Net)

Oleh Muhammad Ihsan

GANJAR Pranowo (GP) saat ini banyak disukai masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), termasuk pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes). Sebab, Ganjar selama ini memiliki jejak kepemimpinan di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki visi dan misi yang baik untuk Indonesia.

Ganjar Pranowo peduli pada bidang pendidikan dan kewirausahaan. Karena itulah, Ganjar ingin menjadi kepala negara untuk mencerdaskan dan memakmurkan masyarakat.

Ketua Pondok Pesantren se Sumbar, Ustazd Akmal Hadi menegaskan, Ganjar adalah sosok capres dari PDIP dekat dengan pesantren dan para kiai. Selain itu, track record yang dimiliki Ganjar Pranowo dalam membangun Provinsi Jawa Tengah sangat luar biasa supportnya. Begitu juga dengan harmonisasi kehidupan beragama di provinsi tersebut.

Ustazd Akmal Hadi juga mengungkapkan pengalaman pribadinya saat bertemu langsung dengan Ganjar Pranowo pada ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang diadakan PBNU di Solo, Jawa Tengah belum lama ini. Saat itu dia menyaksikan langsung kecerdasan dan wibawa Ganjar, meski tampilan dan gayanya cukup sederhana dan merakyat.

Di mata mata para kiai serta para santri, kehadiran Gubernur Jawa Tengah itu jelas sangat luar biasa, karena dapat dilihat bahwa Pak Ganjar ini merupakan sosok yang cerdas dan orangnya merakyat sehingga hal itu bisa diterima seluruh lapisan masyarakat, low profile.

Ustazd Akmal Hadi menyebutkan, melihat dari keberadaan generasi milenial yang jumlahnya luar biasa banyak di Sumbar saat ini, maka dirinya meyakini kuat, generasi milenial itu akan menjatuhkan pilihannya pada Ganjar Pranowo ini. Keyakinan kuat terjadi karena dia melihat bahwa Ganjar ini merupakan menantu dari seorang kiai terkenal di Jawa Tengah yakni KH Hisyam Abdul Karim (Mbah Hisyam).

Pandangan ulama kharismatik asal Sumbar ini tentu saja bukan tanpa alasan. Oleh karena itu ketika ada pimpinan Ponpes di Sumbar yang mendukung Ganjar Pranowo, maka rakyat Sumbar juga akan mengikutinya. Mereka yakin Ganjar akan membangun Indonesia jadi lebih maju. Apalagi beliau pernah jadi Gubernur Jawa Tengah sehingga punya pengalaman dalam memimpin.

Dari rekam jejak selama menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mampu melaksanakan program insentif guru keagamaan yang merupakan pemimpin bagi generasi muda. Program yang digagas Ganjar Pranowo di Jawa Tengah sejak tahun 2019 ini memungkinkan guru keagamaan mendapat insentif Rp1,2 juta per tahun. Hal ini membuktikan beliau memperhatikan pemberdayaan umat.

Sementara itu, relawan Ganjar Pranowo di Sumatera Barat juga terus naik jumlahnya. Masyarakat Sumbar juga kompak akan memilih Ganjar sebagai presiden dalam gelaran Pemilu 2024. Ratusan tokoh agama dan tokoh adat Minangkabau menyatakan dukungan mereka terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI dalam Pilpres 2024.

Ulama kharismatik Minangkabau, Tuanku Bagindo H. Mohammad menyatakan bahwa Ganjar Pranowo memang sangat layak untuk bisa menjadi presiden Indonesia. Penyebabnya karena dirinya memiliki potensi serta karakter yang sangat kuat untuk bisa mempersatukan seluruh masyarakat di Tanah Air.

Tuanku Bagindo H. Mohammad melanjutkan, Ganjar punya slogan yakni 'Tuanku ya Rakyat, Jabatan Cuma Mandat'. Jelas sekali bahwa slogan itu mampu menjadi sebuah tolok ukur bahwa sosoknya merupakan pemimpin yang memiliki moralitas sangat tinggi.

Ulama dan masyarakat Sumbar meyakini Ganjar Pranowo memiliki rekam jejak serta pengalaman kepemimpinan sangat baik. Oleh karena itu mereka yakin akan memilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang. Tidak ada keraguan sama sekali karena Ganjar adalah sosok yang paling tepat untuk menjadi Presiden Indonesia.
Ganjar Pranowo dipilih karena memiliki rekam jejak positif dan prestasi-prestasi yang luar biasa.

Ganjar dikenal tegas dan anti KKN. Ketika ada kunjungan ke salah satu sekolah, Ganjar kaget karena ada kepala sekolah yang melakukan pungutan, padahal aturannya sekolah negeri biayanya gratis. Akhirnya sang kepala sekolah ditegur keras dan pungutan tersebut dikembalikan.

Banyaknya dukungan dari ulama Sumbar menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo adalah calon presiden Indonesia yang paling ideal. Beliau tak hanya peduli pada bidang pendidikan. Namun juga ingin perekonomian rakyat makin maju. Sudah banyak program pemberdayaan rakyat yang dilakukan saat Ganjar masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan masyarakat Sumbar optimis Ganjar akan meneruskannya saat nanti jadi presiden tahun 2024.*

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Masyarakat Minangkabau Sumbar