Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Pemuda Pembobol Rumah Diamuk Massa di Sagulung
Oleh : kli/dd
Rabu | 12-09-2012 | 11:17 WIB
rumah-dibobol-maling.gif Honda-Batam
Kolil Marjianto di depan rumahnya yang menjadi sasaran pembobolan.

BATAM, batamtoday - Dua pemuda, Soni dan Ardi diamuk massa lantaran kepergok membobol salah satu rumah di Perumahan Villa Mukakuning, Sagulung. Kedua pelaku kepergok oleh sekuriti perumahan saat mencungkil pintu rumha di Blok C3/30 milik Kolil Marjianto.


Yosep, sekuriti perumahan yang memergoki aksi kedua pelaku saat ditemui batamtoday, Rabu (12/9/2012) menuturkan peristiwa itu terjadi Senin (10/9/2012) sekitar pukul 09.00 WIB. Dimana, pemilik rumah baru sekitar lima menit berangkat kerja. Sementara, lokasi suasana di lokasi blok C3 pada saat kejadian terlihat sepi.

"Kebetulan saya bertugas shift pagi. Karena sudah sering terjadi pencurian, sekurity di perumahan ini selalu aktif melakukan patroli, dan saat itu kedua pelaku saya pergoki berusaha mencungkil pintu depan rumah korban," papar Yosep yang diamini sekuriti lainnya.

Kedua pelaku, kata Yosep langsung dibawa ke pos pengamanan berikut barang bukti sepeda motor Honda Beat warna putih BP 3957 GI yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Setelah diinterogasi, seorang pelaku Soni berusaha kabur melompat dari jendela pos pengamanan. Dan saat itu juga, warga yang sudah berkumpul langsung menangkap dan menghujani pelaku dengan pukulan.

"Karena belum sempat masuk ke dalam rumah korban, kita tanya baik-baik di pos. Eh, ternyata yang namanya Soni itu berusaha kabur, sehingga warga marah dan memukulinya," terang Yosep.

Tak hanya pelaku yang dihujani pukulan, sepeda motor yang mereka gunakan juga dihancurkan massa karena sudah marah dan kesal. Selang beberapa jam kemudian, pelaku digiring ke Polsek Sagulung untuk diproses secara hukum.

Menurut pengakuan beberapa sekuriti, pembobolan rumah di Villa Mukakuning sudah sering terjadi, tapi pelaku baru kali ini tertangkap basah. Di rumah Blok C3/30 saja, kata sekuriti itu merupakan kejadian yang keempat kalinya, dan yang terakhir ini pelaku akhirnya tertangkap.

"Memang sudah sering terjadi pencurian di perumahan ini, tapi pelaku baru kali ini bisa tertangkap. Mudahan aja setelah pelaku tertangkap tak akan ada lagi kejadian yang sama," harap Yosep dan beberapa sekuriti lain.

Saat ini, kedua pelaku terpaksa harus mendekam di sel tahanan Polsek Sagulung untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.