Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakamla RI Kumpulkan 100 Kg Sampah dari Pantai Bemban Nongsa
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 18-09-2023 | 11:32 WIB
pantai-bemban.jpg Honda-Batam
Personel Bakamla RI bersama pelajar, masyarakat saat aksi bersih-bersih sampah di Pantai Bemban, Nongsa, Kota Batam, Sabtu (16/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan personel Bakamla RI yang turut aksi World Cleanup Day atau Hari Bersih-Bersih Sedunia berhasil mengumpulkan 12 karung seberat 100 Kg sampah di Pantai Bemban Nongsa, Kota Batam pada Sabtu (16/9/2023) lalu.

Kepala Bakamla Zona Barat, Laksma Bakamla Syufenri, mengatakan aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial personel penjaga laut nusantara untuk menjaga bumi.

"Selain tugas patroli, Bakamla RI juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan laut dari pelanggaran berupa pencemaran atau polusi laut. Kita berhasil mengumpulkan 100 Kg sampah," ujar Laksma Syufenri.

Ditambahkannya, pantai dan laut yang tercemar sampah dapat menggangu ekosistem dan ini berdampak bagi kehidupan manusia dan biota laut. "Terlebih menjadi tanggung jawab kita saat ini supaya laut bersih sehingga dapat kita wariskan kepada anak cucu kita," kata dia.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan personel Bakamla RI berkolaborasi bersama unsur masyarakat, siswa sekolah, mahasiswa, lembaga pemerintah dan aparat keamanan. Selain di Pantai Bemban Nongsa, pembersihan juga dilaksanakan di Jembatan Barelang dan Tanjung Uma.

Editor: Gokli