Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua MDI Sumbar Nilai GP Berjiwa Toleransi
Oleh : Opini
Jumat | 15-09-2023 | 09:08 WIB
A-jam-gadang13.jpg Honda-Batam
Jam gadang di Bukit Tinggi Sumatera Barat. (Foto: Ist)

Oleh Arifin Kurnia

KETUA Majelis Dakwah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menilai bahwa Ganjar Pranowo (GP) memang sosok yang memiliki jiwa toleransi sangat tinggi dan mengungkapkan bahwa figurnya merupakan seorang yang sangat tepat untuk bisa menjadi pemimpin di Indonesia ke depannya.

Peluang yang dimiliki Ganjar Pranowo untuk bisa menjadi orang nomor satu di Republik Indonesia (RI) ini memang semakin hari kian terbuka. Pasalnya, dukungan kepadanya terus menerus mengalir bahkan datang dari berbagai pelosok daerah dan berasal dari beragam latar belakang masyarakat yang berbeda-beda pula.

Ketua Organisasi Islam Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Provinsi Sumbar, H. Zainal MS menyatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap untuk memberikan dukungan sangat penuh kepada Ganjar Pranowo agar bisa menjadi sosok Presiden pada saat pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa dukungan terus mengalir kepada sosok pemimpin yang identik dengan rambut putihnya itu, lantaran Ganjar dinilai sebagai seorang figur yang memiliki toleransi sangat tinggi dan merupakan orang yang sangat tepat untuk bisa menjadi seorang pemimpin bagi bangsa Indonesia.

Salah satu kriteria dari sosok pemimpin bangsa Indonesia yang tepat dan ideal adalah ketika orang tersebut memang memiliki jiwa kepemimpinan dan juga rasa toleransi yang sangat tinggi kepada setiap kelompok berbeda di Indonesia. Sebab, dengan adanya rasa toleransi tinggi itu maka akan tercipta sebuah keharmonisan dalam bernegara.

Sosok pemimpin yang memiliki rasa toleransi paling tinggi dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang hanya terletak pada diri Ganjar Pranowo seorang. Lebih lanjut, menurut Ketua Majelis Dakwah Islamiyah itu menjelaskan bahwa sama sekali tidak kalah penting adanya kehidupan berbangsa dan bernegara ini mampu untuk terus diupayakan agar bisa berjalan dengan baik dan harmonis.

Tidak bisa dipungkiri pula bahwa seorang pemimpin memang merupakan panutan bagi seluruh rakyatnya. Sehingga apabila sosok pemimpin tersebut memang merupakan figur orang yang baik, maka besar kemungkinan bahwa seluruh masyarakatnya juga akan meniru kebaikan yang dilakukan oleh pemimpinnya, salah satunya adalah dengan sikap yang sangat toleran akan perbedaan yang sifatnya niscaya di Indonesia.

Ganjar Pranowo selain terkenal sebagai seorang pemimpin yang memiliki tenggang rasa sangat tinggi, namun dirinya juga merupakan sosok yang sama sekali tidak sombong atau bisa dikatakan low profile dan sangatlah merakyat. Dirinya sama sekali tidak menyukai kehidupan yang megah dan juga bagaimana gaya kepemimpinannya selama ini mulai menapak dari bawah dan sangat paham bagaimana cara memimpin sebuah wilayah.

Terbukti dari bagaimana kepemimpinannya yang banyak sekali membuahkan hasil dengan berbagai program luar biasa yang dia lancarkan sampai mendapatkan banyak pula penghargaan tatkala masih menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode.

Sehingga dengan seluruh kelebihan yang memang telah dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dirinya memang merupakan sosok yang sangat tepat untuk bisa memimpin Indonesia di masa depan. Dukungan pun terus mengalir dengan sangat deras dan juga banyak sekali harapan serta doa diucapkan oleh masyarakat kepada pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu agar bisa menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Senada, Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja Kristen di Kota Semarang (PGKS), Yuso Wardoyo pun mengakui dan menilai bahwa sosok pemimpin berusia 54 tahun itu memang merupakan figur yang sangat nasionalis, religius dan juga sangat toleran terhadap kehidupan keberagaman dari semua umat beragama di Indonesia.

Kendati Ganjar Pranowo sendiri merupakan sosok yang sangat religius, namun dirinya juga tetap dapat mengayomi umat beragama lain meski berbeda dan dari berbagai macam latar belakang keagamaan.

Maka dari itu, masyarakat terus mengharapkan agar Kader dari partai politik pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bisa sukses untuk mencapai tujuannya dan meneruskan seluruh program pembangunan yang digagas oleh Presiden RI, Joko Widodo serta sekaligus agar dia mampu untuk semakin memajukan bangsa ini.

Kepemilikan jiwa toleransi yang besar memang menjadi salah satu poin yang sangat penting untuk bisa dimiliki oleh seorang pemimpin yang hendak memimpin bangsa seperti Indonesia ini, lantaran memang Tanah Air memiliki keberagaman latar belakang rakyatnya sangat besar. Sosok tersebut ada pada Ganjar Pranowo sehingga dirinya memang merupakan pemimpin yang sangat tepat untuk bisa menjadi Presiden RI tahun 2024 hingga 2029 mendatang.

Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)