Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wali Kota Rahma Serahkan Sarpras Kebersihan kepada Bank Sampah dan Proklim
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 14-09-2023 | 16:36 WIB
bantuan-tong-sampah1.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma menyerahkan bantuan tong sampah dan seragam kebersihan di seluruh kecamatan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam upaya mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan, Pemerintah Kota Tanjung melalui Dinas Lingkungan Hidup menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) kebersihan kepada Bank Sampah dan Proklim.

Sarpras kebersihan berupa tong sampah dan baju seragam diserahkan di masing-masing kecamatan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, Kamis (14/9/2023).

Rahma mengatakan, bantuan sarana dan prasarana kebersihan ini merupakan bentuk dukungan dan apresiasi kepada kelompok Proklim dan kelompok Bank Sampah yang telah aktif melaksanakan kegiatan sosial.

"Pemberian bantuan ini merupakan pengakuan terhadap partisipasi aktif dari Proklim dan Bank Sampah yang telah melaksanakan upaya mitigasi terhadap kebersihan lingkungan, khusunya di Kota Tanjungpinang," ucapnya.

Rahma juga menyampaikan bahwa kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Dalam kehidupan sehari-hari kebersihan itu adalah hal yang sangat penting, maka menjaga kebersihan itu harus dari kesadaran dari diri kita sendiri. Oleh sebab itu atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terimakasih kepada Tim Proklim dan Tim Bank sampah sebagai pelopor kebersihan yang membantu Pemerintah dalam memberikan edukasi dan kesadaran bagi seluruh masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan," ujarnya.

Terakhir Rahma berharap kepada kelompok yang peduli terhadap kebersihan terus membulatkan tekat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Bersama masyarakat, kelompom Bank Sampah dan Proklim bersinergi bersama Pemeritah dalam menjaga kebersihan lingkungan untuk mewujudkan Kota Tanjungpinang menjadi kota yang sehat, bersih, nyaman, dan asri," pungkasnya.

Adapun lokasi penyerahan untuk Kecamatan Tanjungpinang Timur dilaksanakan di Taman batu 10 diberikan kepada 21 Bank sampah berjumlah 105 orang dan 14 proklim berjumlah 248 orang. Kecamatan Bukit Bestari di Lapangan Pamedan A.Yani kepad 22 Bank sampah yang berjumlah 110 orang dan 7 proklim sebanyak 148 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Tanjungpinang Kota di Kantor Lurah Tanjungpinang Kota sebanyak 5 Bank sampah berjumlah 25 orang dan 11 proklim berjumlah 216 orang. Dan Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 4 Bank sampah berjumlah 20 orang dan 8 proklim berjumlah 141 orang.

Editor: Yudha