Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Generasi Muda Sumbar Rapatkan Barisan Dukung GP Presiden 2024
Oleh : Opini
Kamis | 14-09-2023 | 08:52 WIB
A-jam-gadang12.jpg Honda-Batam
Jam gadang di Bukit Tinggi Sumatera Barat. (Foto: Ist)

Oleh Septa Kurnia Wibowo

GENERASI muda di Sumatera Barat (Sumbar) semakin merapatkan barisan untuk mendukung Ganjar Pranowo (GP) sebagai Presiden 2024. Hal itu ditandai dari keberadaan Barisan relawan Orang Muda Ganjar (OMG) yang diisi oleh banyak sekali para pemuda di berbagai kalangan dan latar belakang, termasuk juga sebanyak empat Presiden BEM di Provinsi Sumbar.

Dukungan terhadap Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh PDI-P Ganjar Pranowo terus saja mengalir di seluruh wilayah di tanah air, termasuk di Ranah Minang. Bahkan, dukungan tersebut juga datang dari berbagai macam kalangan latar belakang masyarakat termasuk para pemuda.

Salah satunya adalah datang dari kalangan pemuda di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Provinsi Sumbar. Mereka memiliki komitmen yang kuat dan tekad bulat untuk siap serta terus berjuang dalam memenangkan sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itu supaya bisa menjadi Presiden RI pada periode tahun 2024 hingga 2029 mendatang.

Salah seorang Presiden BEM di perguruan tinggi Sumbar, Muhammad Fajri bengaku bahwa ternyata tidak sedikit dari teman-temannya di kalangan mahasiswa di Tanah Minang tersebut yang mengidolakan sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin karena memang melihat pola dan gaya kepemimpinannya yang dinilai sudah sangat sukses.

Tidak tanggung-tangging, bahkan sebanyak empat Presiden Mahasiswa di Sumbar, seluruhnya mereka telah resmi berada dalam barisan Orang Muda Ganjar, yang mana merupakan kumpulan relawan para pemuda dari banyak sekali kalangan yang memberikan dukungan penuh kepada sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu.

Bukan hanya sekedar memberikan dukungan penuhnya saja, namun mereka sudah berkomitmen kuat pula untuk terus menggencarkan ikhtiar mereka dan terus terjun kepada para pemilih di tengah masyarakat sampai ke akar rumput dalam rangka untuk bisa menyampaikan salam kemenangan dari Ganjar Pranowo.

Bagaimana adanya klaim bahwa sosok pemimpin berusia 54 tahun itu memang sangat dikagumi dan banyak sekali diidolakan oleh para pemuda dari kalangan Gen Z dan milenial bahkan juga telah terbkti pada beberapa hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei independen.

Salah satunya, datang dari lembaga survei berbasis internasional, yakni Ipsos Public Affairs yang menemukan bahwa ternyata elektabilitas dari Ganjar Pranowo memang sangat unggul di kalangan para pemilih pemuda di usia milenial, yakni 25 hingga 39 tahun, serta juga sangat unggul pada kalangan Gen Z yang berusia 17 hingga 24 tahun.

Mengenai hasil survei tersebut, Peneliti Senior dari Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam menjelaskan bahwa kalangan milenial terus menjagokan sosok Kader dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu dengan angka elektoral hingga sebanyak 39,90 persen, serta pada kalangan Gen Z bahkan suaranya sangat signifikan yakni pada angka 42,40 persen.

Menurut peneliti tersebut, tentunya elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo bisa menjadi sangat unggul di kalangan para pemuda, yakni milenial hingga Gen Z tersebut bukan tanpa alasan dan tidak datang begitu saja. Pasalnya, dirinya menilai kalau sejauh ini memang sosok pemimpin yang pernah menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode itu jauh lebih aktif di berbagai media sosial.

Selain itu, selama ini cara kampanye yang dimiliki dan dilakukan oleh Kader partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut juga terbukti jauh lebih mudah untuk diterima oleh berbagai kalangan di masyarakat termasuk para pemuda mulai dari milenial dan Gen Z, bahasa yang dia gunakan juga sangat membumi ke masyarakat.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika para pemimpih pemuda di Provinsi Sumatera Barat pun sangat mengenal sosok Ganjar Pranowo dan bahkan mereka mengaku sangat mengidolakan bagaimana karakter kepemimpinannya selama ini. Sehingga sosok tersebut pada saat pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang jelas akan memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa menang di Sumbar.

Seluruh pemuda di Tanah Minang tersebut juga telah berkomitmen kuat untuk terus menyosialisasikan berbagai porgram serta prestasi yang dimiliki oleh Capres PDI Perjuangan itu. Sehingga ketika nanti semua mahasiswa telah bergerak, bukan tidak mungkin secara sangat signifikan suara yang diperolehnya akan terus meningkat.

Para pemuda memberikan dukungan penuh mereka kepada Ganjar Pranowo juga dikarenakan dirinya merupakan sosok pemimpin yang memiliki komitmen serta visi misi yang jelas kepada kebaikan para penerus bangsa dari banyak programnya yang selama ini dilakukan.

Lantaran seluruh program kerjanya yang selama ini dinilai sangat berhasil dalam memimpin Jawa Tengah hingga menghasilkan beragam prestasi serta penghargaan, maka menjadi tidak heran mengapa para pemuda terus bergabung ke adalam barisan relawan pendukung Kader PDI Perjuangan tersebut, termasuk para Presiden BEM dan mahasiswa di Sumatera Barat.*

Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)