Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden BEM Sumbar Nilai GP Berpeluang Raih Suara Besar di Tanah Minang
Oleh : Opini
Rabu | 13-09-2023 | 15:48 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21563.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Billy Adriansyah

PRESIDEN BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) di Sumatera Barat (Sumbar) menilai bahwa Ganjar Pranowo (GP) memang memiliki peluang untuk terus mendulang suara dalam jumlah yang sangat besar dan signifikan di Tanah Minang.

Adanya konstelasi politik menjelang pelaksanaan pesta demokrasi dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu), termasuk juga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang semakin hari kian terasa. Hal tersebut juga ditandai dengan adanya berbagai elemen masyarakat dari beberapa kalangan yang telah mengeluarkan statement serta sikap mereka untuk mendukung calon presiden (Capres) tertentu.

Tidak terkecuali pula dukungan tersebut terus saja mengalir kepada Ganjar Pranowo hingga dari berbagai kalangan latar belakang masyarakat. Tidak hanya sekedar masyarakat yang nasionalis atau sebagai basis pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) saja, melainkan masyarakat yang mendukungnya juga datang dari kalangan religius, seperti misalnya di Tanah Minang, Provinsi Sumbar.

Bahkan, deklarasi dukungan penuh kepada pemimpin yang identik dengan rambut putih itu juga datang dari kalangan akademisi dan kampus seperti para mahasiswa, diketahui bahwa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Sumatera Barat telah memiliki komitmen kuat mereka dengan bersiap untuk terus memperjuangkan dan memenangkannya sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) pada periode 2024 hingga 2029 mendatang.

Salah seorang Presiden BEM di sebuah perguruan tinggi di Sumbar, Muhammad Fajri mengaku bahwa kalangan mahasiswa di Sumatera Barat sangat banyak yang mengidolakan sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin. Tidak tanggung-tanggung, bahkan terdapat 4 (empat) presiden mahasiswa di Ranah Minang itu yang berada di barisan Orang Muda Ganjar (OMG).

Mereka semua telah dan terus berikhtiar untuk bisa terjun secara langsung kepada para pemilih hingga ke akar rumput demi bisa menyampaikan salam kemenangan pemimpin berusia 54 tahun itu. Lebih lanjut, jelas saja bahwa peluang yang dimilikinya pada Pemilihan Presiden kali ini, utamanya di Sumbar memang memiliki potensi yang sangat besar.

Bahkan seorang Presiden BEM di Sumatera Barat tersebut juga meyakini bahwa ketika para anak muda dan seluruh mahasiswa telah bergerak untuk memberikan dukungan dan juga terus menggencarkan gerilya demi menyosialisasikan nama Ganjar Pranowo ke tengah masyarakat Minang, maka jelas saja suara secara signifikan akan dimilikinya pada Pilpres 2024.

Bukan tanpa alasan mengapa para anak muda dan juga mahasiswa di Sumatera Barat itu pada akhirnya melabuhkan pilihan mereka dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut lantaran dirinya juga memiliki komitmen terhadap para generasi muda penerus bangsa dan juga kepada para mahasiswa.

Komitmen yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo yang terus berpihak kepada para pemuda dan mahasiswa bisa terbukti dari bagaimana visi dan misi serta program kerja yang dia miliki selama ini, utamanya ketika masih menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Terlebih, bukan hanya komitmen dari Kader Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu saja yang ditunjukkan dengan programnya yang terus berpihak kepada para generasi muda penerus bangsa, namun dirinya juga dinilai sebagai sosok pemimpin yang menganut ajaran Islam dengan taat, sesuai dengan bagaimana kriteria pemimpin ideal yang memang dijagokan oleh para masyarakat Minang di Sumatera Barat karena memang basis mereka sangat religius.

Sosok Ganjar Pranowo sendiri juga dinilai sebagai seorang pemimpin yang kompleks dan bisa dikatakan paket lengkap. Pasalnya, dirinya merupakan figur yang sosialis, namun juga sekaligus religius. Jelas sekali bahwa sosok demikian yang memang sangat diinginkan oleh seluruh masyarakat di Sumbar, apalagi juga Capres yang diusung oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih itu telah memiliki konsep kenegaraan dan kepemudaan yang sangat jelas serta tegas.

Senada, hal yang sama juga dikemukakan oleh salah seorang Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di sebuah perguruan tinggi di Padang, Sumatera Barat bernama Desta Prayudha. Baginya, sosok Ganjar Pranowo merupakan figur yang sangat tepat untuk bisa menggantikan dan melanjutkan seluruh program kerja dan program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Presiden RI ketujuh, Joko Widodo saat ini.

Selain itu, bagaimana sosok kenegawaranan yang dimiliki oleh mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga telah diapresiasi dengan sangat tinggi oleh para pemuda dan mahasiswa di Sumatera Barat. Dirinya dikenal sebagai orang yang tegas namun tidak emosional. Termasuk juga bagaimana kecerdasan serta religiusitas yang dimilikinya menjadi faktor utama dalam memimpin bangsa ini kelak.

Lantaran memiliki banyak sekali kelebihan tersebut, maka menjadi tidak mengherankan mengapa peluang sangat besar dan signifikan dimiliki oleh Ganjar Pranowo untuk bisa menang di Tanah Minang, Provinsi Sumatera Barat. Dukungan pun terus mengalir kepadanya dari berbagai kalangan masyarakat termasuk dari pihak para pemuda serta mahasiswa dan pengurus BEM.*

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang