Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pakar Politik Paparkan Potensi Dukungan GP di Sumatera Barat
Oleh : Opini
Senin | 11-09-2023 | 11:04 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21561.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Raifa Pratista

PAKAR politik menjelaskan bahwa suara dan juga dukungan kepada sosok Ganjar Pranowo di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bisa untuk terus berpotensi naik. Hal tersebut dikarenakan mesin partai dari PDI Perjuangan sendiri sangatlah kuat, selain itu para pendukung mereka juga merupakan orang-orang yang sangat loyal.

Guru Besar Ilmu Politik di Universitas Andalan, Prof. Asrinaldi mengungkapkan bahwa ternyata Ganjar Pranowo masih terus memiliki pekuang untuk bisa meraup seluruh suara masyarakat di Provinsi Sumbar dengan jauh lebih maksimal lagi.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa pakar tersebut menjelaskan demikian. Pasalnya, menurutnya PDI-P sendiri memiliki mesin partai yang sangat luar biasa dan bisa digerakkan dibeberapa daerah, termasuk juga bagaimana loyalitas yang luar biasa dimiliki oleh para pendukung serta relawannya.

Beberapa diantaranya jika dilihat di Sumatera Barat sendiri, PDI Perjuangan memiliki suara di daerah Dharmasraya, Pasaman Barat dan juga Mentawai, yang mana ketiga lokasi itu memang merupakan kunci penting bagi partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu untuk bisa terus meraup suara dengan maksimal di Sumbar.

Sehingga jelas sekali bahwa didaerah dengan basis loyalis partai berlogo banteng dengan moncong putih itu tentunya akan sangat berpengaruh dan mampu mempengaruhi pula pilihan masyarakat Minang di Sumatera Barat untuk menentukan pilihan dan memantapkan hatinya pada Ganjar Pranowo.

Maka dari itu, bagaimana mesin politik yang dimiliki oleh PDI Perjuangan memang merupakan kunci kemenangan jika mereka semua terus bekerja dengan sangat keras diberbagai daerah, termasuk juga di daerah yang masih menjadi swing voters seperti di Padang. Lantaran keberadaan swing voters sendiri sebenarnya bisa sangat menguntungkan apabila mampu dikelola dengan tepat.

Lebih lanjut, Prof. Asrinaldi memprediksi dan terus optimis meyakini bahwa peluang itu akan mampu untuk dikuasai oleh PDI Perjuangan sehingga suara yang dimiliki oleh pemimpin berambut putih tersebut di perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang mampu terus meningkat, khususnya di Sumatera Barat.

Sebelumnya, masih menyinggung mengenai bagaimana mesin politik dari PDI Perjuangan sendiri, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani terus mendorong agar adanya kegiatan konsolidasi seluruh kader yang dihelat di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu mampu untuk terus menguatkan semangat seluruh kader mereka demi bisa memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 sehingga dirinya terus mendorong agar mesin partai bisa segera bekerja dengan maksimal.

Semangat dan pengorbanan untuk berjuang memang terus digelorakan oleh semua kader dari PDI Perjuangan, sehingga memang mesin partai yang dimiliki oleh parpol berideologi Marhaenisme itu akan bisa sesegera mungkin bekerja dengan luar biasa demi pemenangan mereka.

Kemudian, fakta dilapangan pula bahwa sampai saat ini, seluruh relawan pendukung Ganjar Pranowo memang sangat loyal dan terus bekerja keras untuk melakukan sosialisasi di tengah masyarakat, khususnya untuk masyarakat di Sumatera Barat. Salah satunya adalah dengan Relawan Mak Ganjar yang berupaya untuk menghadirkan banyak manfaat disetiap kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan, khususnya bagi kaum ibu-ibu.

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Sumbar, Ulfa Yulida menjelaskan bahwa mereka melakukan rangkaian pelatihan sebagai bentuk komitmennya untuk terus mendorong adanya pemberdayaan peran perempuan di bidang ekonomi. Selain itu, dengan adanya pelatihan tersebut juga mampu meningkatkan produk dari industri rumahan dan meningkatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dukungan terus mengalir kepada Ganjar Pranowo bahkan bukan hanya datang dari para pendukungnya yang memang sudah sebelumnya sangat loyal saja, melainkan dukungan juga datang dari sebanyak ratusan orang yang mengaku dulunya pernah menjadi relawan untuk Prabowo pada Pilpres 2019 silam di Padang Sumatera Barat.

Mereka pada akhirnya memutuskan untuk memindahkan dukungan mereka kepada Capres PDI Perjuangan itu dengan menggelar deklarasi dan diwarnai dengan aksi gantu baju dari kaos bergambar Pranowo menjadi kaos bergambar wajah pemimpin berusia 54 tahun tersebut bertuliskan 'Ganjar Pranowo 2024 (GP 2024).

Koordinator PS19GP24, Jhon Kenedi menyatakan bahwa perpindahan yang mereka lakukan itu lantaran memang mereka mencari sosok pemimpin yang mampu untuk menjadi simbol regenerasi kepemimpinan nasional, yang mana mereka melihat bahwa sosok tersebut memang ada pada diri Ganjar Pranowo dan sangat percaya dirinya mampu menjadi pemimpin tepat bagi bangsa ini.

Melihat bagaimana antusiasme yang dimiliki oleh para masyarakat Minang di Sumatera Barat (Sumbar), memang jelas terbukti bahwa tentunya perolehan suara dari Ganjar Pranowo akan mampu terus meningkat berkat adanya dukungan yang terus bertambah bahkan dari berbagai daerah serta dari banyak kalangan masyarakat.*

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Padang