Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 8 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Cara Konsumsi, dan Efek Samping
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-09-2023 | 17:40 WIB
daun-sirih1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Daun sirih sejak dulu sudah dikenal sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk mengetahuinya lebih jauh, berikut ini sejumlah manfaat daun sirih untuk kesehatan lengkap dengan cara mengonsumsi serta efek sampingnya.

Daun sirih alias paan telah menjadi bagian budaya India selama berabad-abad. Daun kecil namun beraroma kuat ini telah memikat hati dan selera jutaan orang India untuk berbagai perayaan.

Daun sirih juga banyak tumbuh di Indonesia. Mengutip laman Kemenkes, daun ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonois, fenol, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Mulai dari mengontrol gula darah hingga menghilangkan gejala stres, berikut ini sejumlah manfaat daun sirih untuk kesehatan.

1. Menyehatkan saluran pencernaan
Manfaat pertama dari daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh. Kandungannya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit. Air rebusannya diklaim bisa membantu kelancaran buang air besar.

2. Menyembuhkan luka
Daun Sirih, terutama yang berjenis merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting dalam penyembuhan luka.

Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

3. Memelihara kesehatan gigi dan mulut
Melansir Healthshots, daun sirih mengandung banyak sifat antimikroba yang meredakan bau mulut, gigi menguning, plak, dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta yang terbuat dari daun sirih setelah makan bermanfaat bagi kesehatan mulut.

Ini juga meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut. Ahli gizi selebriti Shweta Shah mengatakan daun sirih memiliki sifat antiseptik alami yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan meningkatkan kebersihan mulut.

4. Menjaga sistem pernafasan
Daun sirih terutama digunakan dalam Ayurveda untuk pengobatan penyakit pernafasan seperti batuk, bronkitis, dan asma.

Senyawa yang ditemukan di daunnya membantu meredakan hidung tersumbat dan meningkatkan pernapasan.

5. Sifat antiseptik dan antijamur
Menukil NetMeds, daun sirih memiliki khasiat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol, yang memberikan perlindungan ganda terhadap kuman. Ini juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

Sifat antijamurnya yang luar biasa memberikan bantuan instan dari infeksi jamur. Mengoleskan pasta daun sirih dapat membunuh infeksi jamur di daerah yang terkena.

6. Meredakan nyeri sendi
Senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam daun sirih dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan nyeri pada persendian yang terkait dengan penyakit seperti rheumatoid arthritis dan osteoporosis.

Menghangatkan seikat daun sirih segar dan mengikatnya erat-erat. Tulang dan sendi yang terkena dampak secara signifikan mengurangi intensitas nyeri, peradangan di wilayah tersebut dan meringankan gejala radang sendi.

7. Mengelola diabetes
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih berpotensi menurunkan lonjakan gula darah pada pasien diabetes tipe 2 yang baru terdiagnosis.

Daun sirih merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan stres oksidatif dan menurunkan peradangan akibat glukosa darah yang tidak terkontrol dan mendukung pengelolaan diabetes melitus.

8. Meredakan stres
Mengunyah daun sirih dapat meredakan stres dan kecemasan. Ini menenangkan tubuh dan pikiran, dan senyawa fenolik yang ditemukan dalam daun sirih melepaskan senyawa organik katekolamin dari tubuh.

Karena itu, mengunyah daun sirih dapat membantu menghindari perubahan suasana hati yang sering terjadi.

Cara mengonsumsi daun sirih
Ilustrasi. Berikut ini cara mengonsumsi daun sirih agar mendapatkan manfaat maksimal untuk kesehatan. (Augustus Binu/dreamsparrow.net)
Menukil Healthshots, berikut ini cara mengonsumsi daun sirih agar mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal:
1. Untuk mengendalikan penyakit diabetes, disarankan mengunyah daun sirih saat perut kosong di pagi hari.
2. Jika Anda sedang stres, Anda bisa makan paan biasa atau manis. Senyawa fenoliknya akan membantu meningkatkan mood Anda.
3. Untuk meredakan sembelit, rendam daun sirih dalam air semalaman. Meminum air ini setelah disaring di pagi hari dapat meredakan sembelit.

Efek samping konsumsi daun sirih
Daun sirih mungkin mempunyai efek samping bila dikonsumsi bersama tembakau, jeruk nipis, dan pinang. Berikut sejumlah efek sampingnya dikutip dari PharmEasy:
1. Dapat menyebabkan ketergantungan
2. Dapat menimbulkan perasaan euforia
3. Dapat menyebabkan berkeringat
4. Dapat menyebabkan keluarnya air liur

Jika Anda mengalami reaksi merugikan terhadap daun sirih, segera konsultasikan dokter. Selain itu, ada baiknya Anda konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun sirih.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha