Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 KTP Palsu Diamankan Petugas Disdukcapil di Hang Nadim
Oleh : ali/dd
Selasa | 11-09-2012 | 11:28 WIB
KTP-Palsu.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Sebanyak lima Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu diamankan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam yang bertugas di Bandara Hang Nadim selama arus balik Lebaran kemarin.


KTP palsu yang diamankan tersebut seolah-olah dikeluarkan oleh Kantor Kecamatan Batuampar, Bengkong, Sekupang dan Sagulung. 

"Kelimanya atas nama Ima S Susilawi, Ina, Priyanto, Muhamad Jamil Saefudin dan Ripanah Kurnaesih," kata Thamrin, Ketua Pelaksana Disdukcapil di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (11/9/2012)..

Tidak hanya memiliki KTP palsu Batam, menurut Thamrin pada saat pemeriksaan di kedatangan bandara, pelaku juga kedapatan memiliki KTP asal kampung halaman mereka.

Dari keterangan pemeriksaan, pelaku mengaku jika membuat KTP palsu seharga Rp200 ribu hingga Rp300 ribu lewat calo sebagai modal untuk mencari kerja di Batam.

"Pelaku dan barang bukti kita bawa ke Kantor Disdukcapil untuk dilakukan pemeriksaan. Petugas kemudian menelusuri pelaku yang telah membuat KTP palsu," jelasnya.

Dijelaskan Tamrin, penangkapan KTP tersebut berkat adanya pengawasan Disdukcapil di Bandara Hang Nadim Batam. Identitas pendatang yang dicurigai diperiksa satu per satu oleh petugas dan KTP palsu dapat diketahui secara kasat mata dari bentuk, warna, dan kodenya berbeda dengan KTP asli.