Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diresmikan, Komunitas 'Sahabat EHD' Diharap Bisa Hilangkan Stigma Negatif pada ODGJ di Kepri
Oleh : Harjo
Selasa | 05-09-2023 | 15:12 WIB
222_sahabat-ehd_2_091827236365.jpg Honda-Batam
Dr Hj. Oki Setiana Dewi membubuhkan tanda tangan dalam momen pembentukan dan peresmian Komunitas Sahabat EHD Tanjung Uban. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebagai upaya pelaksanaan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat, Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Engku Haji Daud (EHD) Tanjung Uban membentuk komunitas 'Sahabat EHD', Selasa (5/9/2023).

Direktur RSJKO EHD Tanjung Uban, Asep Guntur Sapari, menyampaikan, pembentukan dan peresmian komunitas Sahat EHD bertujuan untuk membantu menghapuskan stigma negatif bagi orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kepri.

Selain itu, sebagai dukungan secara berkesinambungan pelayanan kesehatan jiwa yang menyeluruh dengan melibatkan masyarakat. Sahabat EHD juga diharapkan bisa membentuk pribadi yang memiliki mental yang tangguh di kalangan ODGJ sendiri.

"Dengan adanya komunitas Sahabat EHD, sebuah klaborasi untuk kebaikan agar lebih optimal. Serta bentuk dukungan, koreksi dan saran, agar nantinya pelayanan bisa semakin baik," harapnya.

Dijelaskan, tidak hanya masalah stigma negatif pada ODGJ, namun nantinya akan ada layanan asesmen bagi anak dan remaja, dengan mendatangkan ahlinya dari Jawa Barat, untuk menambahkan peningkatan pelayanan.

"Kita berkomitmen untuk membentuk mental remaja yang sehat dengan jiwa pribadi yang tangguh dan unggul," tambahnya.

Peresmian komunitas Sahat EHD dihadiri oleh sejumlah pihak, termasuk Dr Hj Oki Setiana Dewi yang membubuhkan tanda tangan, bersama sejumlah perwakilan baik perwakilan OPD di lingkungan Pemprov Kepri dan Bintan, kecamatan, swasta, organisasi dan lainnya.

Editor: Gokli