Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Teror Bom Marak, Polda Kepri Tingkatkan Kewaspadaan
Oleh : ali/dd
Selasa | 11-09-2012 | 10:54 WIB
KABIDHUMAS.jpg Honda-Batam
AKBP Hartono, Kabid Humas Polda Kepri.

BATAM, batamtoday - Maraknya aksi pemboman di tanah air tidak menyurutkan pihak kepolisian di wilayah hukum Polda Kepulauan Riau (Kepri) meningkatkan kewaspadaan mengingat Kepri khususnya Batam berdekatan dengan negera tetangga seperti, Singapura dan Malaysia.


"Meski demikian kondusif tetap kewaspadaan kita tingkatkan," ujar AKBP Hartono, Kabid Humas Polda Kepri, Selasa (11/9/2012).

Menurutnya, kewaspadaan yang dilakukan kepolisian tidak serta merta dapat berjalan maksimal bila tidak didukung peran serta dari berbagai elemen masyarakat. 

"Jika kewaspadaan lebih ditingkatkan di lingkungan masyarakat, seperti RT/RW mengetahui siapa saja warganya, maka kemungkinan kecil sesuatu yang tidak diinginkan terjadi," katanya.

Hartono mencontohkan, bila diwajibkan tamu warga melaporkan tamunya yang mengunap lebih dari 1x24 jam, atau ketua RT/RW menanyakan siapa tamu di rumah warganya yang menginap. Maka demikian, RT/RW atau orang yang dituakan di suatu lingkungan masyarakat mengetahui aktifitas warganya baik di lingkungan maupun di dalam rumah.

"Jika melanggar aturan atau mencurigai, bisa langsung dilaporkan kepada pihak yang berwajib terdekat," pungkasnya.