Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan ke Rumah Bupati Rusak, PU Karimun Tutup Mata
Oleh : khn/dd
Selasa | 11-09-2012 | 09:26 WIB

KARIMUN, batamtoday - Lemahnya pengawasan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karimun, menjadi gambaran buruknya kinerja serta SDM pengawas yang ditunjuk. 


Pantauan batamtoday, Selasa (11/9/2012) di Jalan Al Hidayah Bukit Senang Karimun, pengaspalan yang dilakukan di depan kediaman pribadi Bupati Karimun baru selesai lebih kurang 3 bulan lalu itu, sudah rusak parah. Bahkan jalanan tersebut sudah bergelombang akibat pengerasan tanahnya yang tidak maksimal.

Mirisnya, belanja peningkatan jalan yang menghabiskan dana APBD 2012 sebesar Rp738.171.000 dan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Cahaya Haviza itu, dilakukan tanpa Konsultan Pengawas. Sehingga kuat dugaan pekerjaan tersebut merupakan  'proyek balas jasa'.

Ketika dikomfirmasi, Dirut CV Cahaya Haviza, Adi berdalih bahwa pekerjaan itu masih dalam masa perawatan selama 6 bulan. Bahkan alat kerja yang mereka miliki masih dipakai di lokasi lain.

"Itu masih tetap kita kerjakan. Dana perawatan kita masih tertanam 5 persen Bang. Hanya saja alat kita masih dipakai di Pasir Panjang. Jadi belum bisa kita kerjakan sekarang," terangnya.

Dari hasil pengamatan di beberapa proyek di Karimun, masa perawatan selalu dijadikan alasan utama. Sehingga kontraktor pelaksana dapat berkelit dari jeratan hukum.

Padahal, jika ditelaah lebih jauh, masa pemeliharaan yang dimaksud pada setiap proyek yakni masa dimana pekerjaan tersebut harus sesuai Bestek. Dan bukannya membiarkan pekerjaan tersebut serampangan.

Lalu dengan dalih masih memiliki dana pemeliharaan, pekerjaan tersebut dibiarkan amburadul.