Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Sumbar Yakin GP Dapat Memajukan Perdesaan
Oleh : Opini
Sabtu | 02-09-2023 | 08:57 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21551.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Arifin Kurnia

KARENA memiliki karakter sebagai pemimpin yang sangat merakyat dan mampu untuk diterima oleh semua kalangan lapisan masyarakat di Indonesia, menjadikan warga di Sumatera Barat (Sumbar) sangat yakin bahwa sosok Ganjar Pranowo mampu terus mendukung kemajuan warga desa sehingga dukungan kepadanya pun terus meluas.

Perbincangan mengenai kandidat pemimpin masa depan Tanah Air memang semakin hari kian memanas di Indonesia, utamanya di tengah penyambutan tahun politik dalam rangka pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Tentunya masyarakat sendiri ketika hendak menjatuhkan pilihan mereka kepada seorang sosok, mereka jelas memiliki kriteria tersendiri mengenai bagaimana figur yang hendak dipilihnya.

Menurut data dari hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa sebanyak 50,3% (persen) masyarakat di Tanah Air ternyata memang memiliki kriteria ideal sosok pemimpin, yakni tatkala dirinya mampu selalu dekat dengan rakyatnya dari berbagai jenis kalangan.

Pada kesempatan lain, terdapat pula beberapa keinginan masyarakat yang mendambakan sosok pemimpin seperti Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, yakni Ir. Soekarno atau biasa disapa dengan Bung Karno. Tentunya jika demikian, maka sudah barang tentu pula seluruh spirit yang dimilikinya harus mampu diwarisi oleh para generasi penerus bangsa termasuk pemimpin masa depan bangsa kelak.

Diketahui bahwa sosok Bung Karno merupakan seorang pemimpin yang tidak hanya sederhana, namun dirinya juga sangat merakyat. Dia juga dikenal dengan figurnya yang sangat humble, karena merupakan pemimpin yang sama sekali tidak mengenal kata lelah dan selalu turun untuk melihat serta menyaksikan bagaimana kondisi nyata dari rakyatnya.

Sementara itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Jawa Timur (Jatim) dalam acaranya yang membahas bagaimana sosok kriteria pemimpin ideal yang diinginkan oleh para generasi milenial, ternyata memang dijumpai bahwa mereka sangat mendambakan figur yang berintegritas serta tulus untuk melayani segenap elemen bangsa.

Selain itu, menurut mereka, pemimpin ideal merupakan sosok yang harus memiliki visi yang jelas untuk bisa memajukan bangsa dan juga menciptakan kesejahteraan bagi semua lapisan masyarakat, termasuk hingga masyarakat yang berada di desa. Kemudian hal lain yang disorot adalah bagaimana figur pemimpin masa depan tersebut harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi sebagai bentuk cinta Tanah Air, serta di sisi lain juga memiliki sifat religiusitas untuk mampu berada di tengah umat beragama di Indonesia.

Seluruh kriteria ideal sebagai sosok pemimpin masa depan bangsa untuk menahkodai negara ini pada tahun 2024 mendatang itu ada pada diri Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ganjar Pranowo. Maka tidak heran mengapa dukungan kepadanya terus saja meluas seiring berjalannya waktu.

Sebanyak ratusan masyarakat di Provinsi Sumbar yang terdiri dari Relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) menyatakan deklarasi dukungan penuh mereka kepada sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut sebagai seorang Presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Mengenai hal tersebut, Ketua DPW Des Ganjar Sumatera Barat, Iswandi juga mengamini bahwa memang dukungan seluruh masyarakat kepada pemimpin berusia 54 tahun itu untuk bisa menjadi Presiden RI mendatang terus meluas dan menguat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Terlebih, di Sumbar sendiri telah dikukuhkan pengurus jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di sebanyak 12 kabupaten. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa dukungan kepada sosok Kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bisa terus meluas dan menguat.

Pasalnya, diketahui bahwa Ganjar Pranowo memang sosok pemimpin yang sangat paham dengan segala permasalahan di desa. Bukan hanya itu, namun dirinya juga merupakan figur pemimpin yang dikenal sangat bermasyarakat dan mampu untuk dekat dengan semua kalangan. Tidak cukup sampai di sana, namun dia juga dinilai sangat peduli dan perhatian terhadap masyarakat di desa serta selalu mendukung kemajuan dari segenap desa yang dipimpinnya.

Hal tersebut seluruhnya sebenarnya telah dilakukan oleh Calon Presiden (Capres) dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu. Rekam jejak dan pengalaman kepemimpinannya memang sama sekali tidak bisa diragukan lagi ketika masih menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), yang mana seluruhnya memang sudah teruji.

Untuk itu, karena keterujian kepemimpinan dari Ganjar Pranowo yang dianggap sudah sangat mumpuni tersebut, segenap warga masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) sangat menginginkan agar kesuksesan kepemimpinannya bisa terus ditingkatkan skalanya menjadi lebih besar menjadi skala nasional, yakni ketika dirinya menjadi Presiden RI.

Keyakinan yang dimiliki oleh seluruh warga di Sumatera Barat mengenai Ganjar Pranowo yang mampu untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan mendorong kemajuan warga desa sama sekali bukanlah klaim semata, namun seluruhnya memang sudah ditunjukkan dengan kerja keras dan kerja nyatanya selama memimpin di Jawa Tengah.*

Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)