Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelombang Relawan Buruh Targetkan Kemenangan GP di Sumsel
Oleh : Opini
Selasa | 29-08-2023 | 09:40 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21548.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Atiqah Kaulika

RIBUAN relawan buruh menargetkan kemenangan Ganjar Pranowo (GP) bahkan mampu mencapai hingga sebesar 70% suara di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Hal tersebut dikarenakan sosoknya yang memang sangat peduli kepada rakyat kecil dan mampu menampung semua aspirasi para pekerja serta memperjuangkan kesejahteraan masyarakat.

Kemenangan dari kandidat Calon Presiden (Capres) yang akan bertanding dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang memang akan sangat ditentukan oleh bagaimana perolehan suaranya dari seluruh elemen masyarakat di Indonesia serta juga dari berbagai kalangan.

Tidak terkecuali, dalam hal ini peranan dari para buruh menjadi sangat penting, pasalnya banyaknya jumlah buruh yang terdapat di Tanah Air. Namun tentunya, mereka juga merupakan kelompok masyarakat yang bisa dikatakan akan sangat selektif untuk pada akhirnya menjatuhkan pilihan mereka kepada nama kandidat tertentu.

Bagaimana tidak, pasalnya para buruh sendiri juga terus berjuang untuk memperjuangkan nasib para pekerja di seluruh NKRI. Mereka jelas akan memilih sosok pemimpin yang dianggap mampu dan bisa untuk meningkatkan serta menjamin kesejahteraan dari para buruh.

Sosok pemimpin yang memang benar-benar memiliki komitmen kuat dan merupakan figur yang mampu mendekatkan diri dengan para rakyat kecil hingga ke akar rumput. Sudah barang tentu para buruh sendiri akan cenderung enggan untuk memilih pemimpin yang terlalu elitis dan enggan untuk terjun langsung ke bawah.

Seluruh kriteria yang sudah sangat ideal dan pas bagi para buruh tersebut, semuanya ada pada diri Ganjar Pranowo. Maka dari itu, sebanyak ribuan relawan buruh di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendeklarasikan dukungan mereka kepada sosok Capres yang diusung oleh PDI-P itu.

Bahkan, para relawan yang terdiri dari sebanyak ribuan buruh di Sumsel tersebut juga telah berkomitmen kuat dalam ratget mereka, yakni memenangkan pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut hingga sebanyak 70% suara di Provinsi Sumatera Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum (Ketum) Relawan Buruh Sahabat Ganjar, Andi Gani Nena Wea menegaskan bahwa para buruh jelas akan bekerja dengan sangat maksimal secara all out untuk terus berjuang demi mendukung sosok pemimping berusia 54 tahun itu.

Bukan tanpa alasan mengapa mereka sampai sangat all out dalam memberikan dukungan penuhnya kepada Ganjar Pranowo. Hal tersebut dikarenakan memang sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu dinilai merupakan figur yang memiliki integritas yang sangat luar biasa serta bagaimana rekam jejaknya selama ini memang dikenal sangat baik pula.

Sosok Kader dari partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut juga dinilai sangat dekat dengan rakyat, dirinya juga merupakan karakter pemimpin yang mau untuk mendengarkan seluruh suara rakyat serta bergerak bersama dengan para buruh. Selain itu, dirinya juga dinilai merupakan figur pemimpin yang berkomitmen kuat dalam memperjuangan seluruh hak buruh.

Lebih lanjut, Ganjar Pranowo sendiri juga dinilai merupakan sosok pemimpin yang sangat cocok untuk bisa melanjutkan seluruh program pembangunan yang selama ini sudah dirintis dan dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). Sehingga hal-hal tersebut yang membuat sebanyak ribuan relawan buruh di Sumatera Selatan terus bergerak hingga ke seluruh wilayah di Tanah Air demi memenangkan figur tersebut di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Relawan Buruh Sahabat Ganjar, Mustopo bukan hanya di Provinsi Sumsel saja deklarasi dari para buruh tersebut dilakukan untuk mendukung sosok Capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu.

Melainkan, sebelumnya juga banyak provinsi lain yang telah menyelenggarakan deklarasi para buruh juga dengan meriah dan besar, yang mana tentu juga dihadiri oleh sebanyak ribuan buruh pula, seperti di Jawa Barat (Jabar), Sumatera Utara (Sumut), Banten, Jawa Timur (Jatim) dan Lampung. Seluruh buruh memang akan sangat all out memberikan dukungan penuh mereka.

Sebagai informasi, sebanyak ribuan buruh berkumpul di Sumatera Selatan dan mereka memiliki antusiasme yang sungguh sangat luar biasa berkaitan dengan adanya deklarasi kepada Ganjar Pranowo tersebut. Diketahui bahwa jumlah mereka adalah sekitar 2500 hingga 3000 massa.

Ke depannya, roadshow juga akan terus digencarkan oleh relawan buruh pendukung Ganjar hingga ke banyak wilayah lain seperti Papua. bahkan tidak tanggung-tanggung, mereka juga akan melakukan roadshow ke Hongkong hingga Taiwan dan masih banyak lagi daerah lain yang akan menyusul.

Kemenangan hingga sebesar 70% suara menjadi target yang akan terus diperjuangkan secara all out dan sangat maksimal oleh para relawan yang terdiri dari ribuan buruh di Provinsi Sumsel demi kemenangan Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.*

Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa Jakarta