Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

GP Dinilai Sosok Pemimpin Paham dan Peduli Desa
Oleh : Opini
Senin | 28-08-2023 | 09:56 WIB
A-jam-gadang11.jpg Honda-Batam
Suasana di kawasan wisata jam gadang Bukit Tinggi Sumatera Barat. (Foto: Ist)

Oleh Alkhalifi Dzikri

GANJAR Pranowo (GP) merupakan sosok pemimpin yang dinilai paham dan peduli akan bagaimana nasib seluruh masyarakat desa di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Karena itulah, mereka pun terus memberikan dukungan mereka secara all out sepenuhnya untuk kemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

Menjadi sosok pemimpin yang akan memimpin bangsa Indonesia ini ke depannya memang hendaknya merupakan figur yang sangat tepat dan mampu mempedulikan segenap elemen masyarakat hingga ke pelosok Tanah Air tanpa terkecuali, khususnya kepada rakyat kecil hingga semua kalangan.

Indonesia sendiri memiliki banyak wilayah di dalamnya, termasuk juga bagaimana perdesaan di Tanah Air yang jumlahnya tidaklah sedikit. Namun, nasib dan kesejahteraan dari desa hingga seluruh masyarakat di desa nampaknya masih butuh untuk terus diperjuangkan oleh sosok pemimpin selanjutnya.

Maka dari itu, jangan sampai masyarakat dalam momentum pelaksanaan pesat demokrasi dan kontestasi politik, yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dihelat pada tahun 2024 mendatang kemudian justru salah dalam menentukan siapa yang akan menahkodai Indonesia untuk lima tahun kemudian.

Pasalnya, dalam hari Pemilihan Umum (Pemilu) tersebut, bagaimana nasib bangsa ke depannya jelas akan dipertaruhkan. Jangan sampai pula justru dengan adanya pelaksanaan Pilpres 2024 justru menjadikan Indonesia kemudian menjadi pecah belah karena adanya upaya dari sekelompok orang tertentu.

Salah satu kriteria pemimpin ideal berkaitan dengan desa adalah, bagaimana sosoknya yang mampu menunjukkan betapa besar kepeduliannya kepada seluruh masyarakat di wilayah pedesaan di Indonesia. Pemimpin tersebut juga hendaknya mampu untuk memahami serta mengerti apa saja yang memang dibutuhkan oleh warga desa, sehingga bagaimana kebijakannya ke depan memang akan sangat menguntungkan bagi masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Dengan adanya berbagai macam kriteria demikian, yang mana memang sudah tergambar jelas kepada sosok Ganjar Pranowo, menjadi tidak heran mengapa dukungannya terus berkembang dan meluas hingga datang dari segala penjuru Tanah Air termasuk dari masyarakat desa yang berasal dari banyak elemen serta kalangan rakyat.

Diketahui bahwa telah dikukuhkan jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di sebanyak 12 Kabupaten di Provinsi Sumbar. Dalam pengukuhan tersebut, terdapat ratusan warga desa dari seluruh kabupaten di Sumbar turut hadir.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPW Des Ganjar Sumatera Barat Iswandi menyatakan bahwa alasan para relawan yang berasal dari masyarakat desa di Sumbar memberikan dukungan penuh mereka untuk sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itu adalah karena dirinya dinilai sebagai figur yang memang paham dengan bagaimana permasalahan yang terdapat di desa.

Bukan hanya sampai di situ saja, namun masyarakat juga menganggap Ganjar Pranowo sebagai sosok pemimpin yang sangat merakyat dan mampu untuk mendekatkan dirinya dengan semua kalangan di negeri ini. Dirinya dianggap sangat peduli dan perhatian kepada bagaimana nasib seluruh masyarakat di desa dan selalu mendukung agar terjadi kemajuan dari banyaknya desa yang pernah dipimpinnya.

Sebagai informasi, Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh PDI-P tersebut juga telah menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), yang mana dalam pengalaman kepemimpinannya selama 2 (dua) periode menjabat itu berhasil ditunjukkannya dengan banyaknya prestasi kepemimpinan untuk memajukan berbagai desa di Jawa Tengah.

Maka dari itu, sosok Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang sudah tidak perlu diragukan lagi lantaran kualitas kepemimpinannya sendiri memang telah teruji secara nyata di lapangan. Para Relawan Desa mendukung Ganjar di Sumbar kemudian menginginkan agar seluruh keberhasilan program kebijakan yang telah dilakukannya di Jawa Tengah bisa dilanjutkan dan diperbesar skalanya hingga ke tingkat nasional. Maka dari itu, mereka sepakat untuk memberikan dukungannya kepada pemimpin berusia 54 tahun itu.

Apresiasi sangat tinggi juga disampaikan oleh Ketua DPW Des Ganjar Sumbar kepada sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut karena menilai bahwa dirinya telah berhasil memberikan fasilitas dan juga telah mampu merealisasikan banyaknya aspirasi dari aparatur pemerintah khususnya di tingkat desa di seluruh Indonesia dengan adanya pembentukan Undang-Undang (UU) tentang Desa.

Perlu diketahui pula bahwa sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, rekam jejak dan juga pengalaman yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo telah teruji dan terbukti tatkala dirinya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), yang mana kala itu dirinya terlibat dalam pengesahan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Desa.

Tidak mengherankan mengapa seluruh masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus memberikan dukungan secara all out sepenuhnya untuk kemenangan Ganjar Pranowo hingga dirinya mampu menjadi Presiden RI 2024 mendatang. Pasalnya, memang sosoknya dikenal sebagai pemimpin yang sangat peduli dan paham akan bagaimana permasalahan di desa.*

Penulis adalah kontributor Ganjar Rising Stars (GARIS)