Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Teater Bangsawan Melayu Pulau Penyengat Tampil Memukau di Panggung Tanjungpinang Fest
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 26-08-2023 | 18:16 WIB
teater1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penampilan memukau Teater Bangsawan Melayu Pulau Penyengat. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gelaran event Tanjungpinang Fest 2023 semakin semarak dengan kehadiran pertunjukan teater Bangsawan Melayu Indera Perkasa Pulau Penyengat bertajuk 'Hang Nadim' yang mengagumkan, Jumat (25/8/2023) malam.

Pertunjukan yang berlangsung di Jalan Merdeka, Kota Lama Tanjungpinang, itu berhasil menghidupkan kembali kisah klasik yang legendaris melalui lakon para aktor yang memukau di atas panggung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, menyampaikan bahwa teater bangsawan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda sekitar tahun 2015 lalu. Kini, coba untuk dibangkitkan kembali sebagai salah satu kekuatan yang bisa mendorong perekonomian Kota Tanjungpinang.

"Kita kembangkan kembali teater bangsawan untuk menggairahkan lagi kisah-kisah klasik sebagai salah satu strategi kita menarik pasar pariwisata dengan memanfaatkan seni dan kebudayaan di Kota Tanjungpinang," ujar Sekda Zulhidayat.

"Saya rasa potensi yang kita miliki tidak kalah dengan daerah lainnya. Tinggal bagaimana mengemas dan memproduksi paket-paket wisata untuk memperkenalkan kepada masyarakat internasional dan juga tentu saja Indonesia," tambah dia.

Tanjungpinang fest yang digelar dalam kekayaan budaya di kota Tanjungpinang ini, tak hanya menampilkan teater bangsawan, tapi juga penampilan musik dari sanggar seni Staman, Sarvati, dan pembacaan Gurindam 12.

Sementara Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Faisal Pahlevi menyatakan bahwa Tanjungpinang Fest tahun ini adalah langkah signifikan dari Disbudpar Kota Tanjungpinang bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, serta Pemerintah Provinsi Kepri dalam memastikan bahwa seni dan budaya terus berkembang di kota Tanjungpinang.

Editor: Yudha