Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukungan GP Mengalir dari Tokoh Masyarakat dan Aktivis Sumbar
Oleh : Opini
Jumat | 25-08-2023 | 09:41 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21545.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Beryl Hamizan

DINILAI berhasil dalam mengatasi permasalahan mengenai pengangguran dan kemiskinan, hal tersebut membuat para tokoh masyarakat dan juga berbagai lapisan elemen rakyat hingga para aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di seluruh Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berkomitmen penuh memberikan deklarasi untuk mendukung Ganjar Pranowo (GP).

Salah satu kriteria dari sosok pemimpin yang sangat ideal dan tentunya diharapkan oleh masyarakat untuk bisa memimpin adalah dia yang mampu untuk menghadirkan banyak solusi melalui berbagai langkah strategi hingga program dalam mengatasi permasalahan yang terdapat ditengah rakyat, utamanya adalah terkait dengan adanya permasalahan mengenai pengangguran serta kemiskinan.

Berangkat dari adanya kedua isu yang serius tersebut, menjadikan para tokoh masyarakat hingga para aktivis LSM dari berbagai wilayah di seluruh Sumbarmemantapkan dukungan mereka dengan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo pada pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, para tokoh masyarakat beserta aktivis LSM dari berbagai daerah di seluruh Sumbar itu mengaku sangat siap untuk terus mengawal kemenangan Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh PDI-P tersebut.

Diketahui bahwa deklarasi yang mereka lakukan, yakni Deklarasi GP 24 dilaksanakan di Kota Padang dan dipimpin oleh tiga figur utama yang memang merupakan tokoh masyarakat setempat. Ketiga tokoh tersebut yakni Ardian Nova Chaniago, Jhon Kenedi dan Toni Mardianto.

Antusiasme dan dukungan yang diberikan oleh seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat kepada sosok Ganjar Pranowo terus saja meluas seiring berjalannya waktu. Sehingga deklarasi dukungan tersebut juga diikuti oleh banyak sekali masyarakat yang berasal dari berbagai macam kalangan elemen seperti para petani, saudagar di minang, kaum milenial, tokoh agama, ninik mamak, emak-emak hingga para aktivis.

Mereka dengan sangat solid dan kompak menyatukan kekuatan mereka dalam mendukung penuh sosok pemimpin yang identik dengan rambut putihnya tersebut. Salah satu tokoh masyarakat yang hadir dalam acara deklarasi itu, Jhon Kenedi menjelaskan bahwa dirinya memberikan dukungan kepada seorang yang memang sudah sangat tepat untuk bisa memimpin Tanah Air ke depannya.

Dia menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan pemimpin yang mampu menjadi simbol regenerasi kepemimpinan nasional. Bukan hanya itu saja, namun dirinya juga dinilai merupakan pemimpin yang sangat memiliki banyak pengalaman sebagai pengawas pemerintah, juga memiliki pengalaman untuk bisa mengendalikan langsung jalannya pemerintahan bahkan juga berhasil atau sukses besar dalam mengatasi adanya permasalahan terkait dengan pengangguran serta kemiskinan.

Seluruh kriteria ideal sebagai sosok pemimpin masa depan bangsa itu memang semuanya telah ada pada diri pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut. Dalam deklarasi yang disampaikan, tokoh masyarakat di Sumbar sangat berharap agar Ganjar bisa menjadi Presiden 2024 sehingga akan mampu membangun Indonesia dengan jauh lebih baik, khususnya di wilayah Sumbar agar kemiskinan serta pengangguran di Tanah Minang bisa teratasi.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pejuang GP 24, Adrian Nova Chaniago mengungkapkan bahwa kesuksesan yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dalam memimpin Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dirinya menjabat sebagai Gubernur selama dua periode tersebut lantaran bagaimana kepemilikan dan penerapan berbagai macam programnya sangat unggulan dan terukur dengan baik.

Adrian sangat yakin apabila memang Capres dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bisa terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024 mendatang, maka dirinya jelas sekali akan bisa sangat mengembangkan Provinsi Sumatera Barat menjadi jauh lebih baik lagi.

Upaya pengentasan angka kemiskinan di Jawa Tengah pada era kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo sama sekali tidak bisa dipungkiri bahwa dirinya sukses besar. Salah satu yang bisa digunakan untuk menjadi indikator adalah dapat terlihat dari jumlah tenaga kerja serta pengangguran di wilayah itu.

Sebagaimana data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 ini, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jateng cenderung terus mengalami penurunan dan bahkan selalu berada di bawah angka TPT secara nasional. Hingga bulan Februari 2023 saja, TPT di Jawa Tengah hanya tinggal 5,24 persen saja.

Dengan adanya kesuksesan yang dicatatkan oleh Ganjar Pranowo dalam pengalamannya memimpin selama ini, maka sosoknya banyak mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan termasuk para tokoh masyarakat hingga aktivis LSM di seluruh Provinsi Sumbar yang telah memberikan deklarasi lantaran melihat kinerja dari Ganjar dalam mengatasi permasalahan pengangguran serta kemiskinan.*

Penulis adalah Gabungan Aksi Ganjar Pranowo Menang