Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan Lingkungan Hijau Berkelanjutan, Polres Karimun Tanam Ribuan Pohon di Pulau Buru
Oleh : Freddy
Rabu | 23-08-2023 | 13:16 WIB
333_polres_tanam-pohon-buru_0983784.jpg Honda-Batam
Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam beserta jajaran saat menanam ribuan pohon di Pulau Buru, Rabu (23/8/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menanam sebanyak 1.150 pohon di Pulau Buru, Kecamatan Buru, Rabu (23/8/2023). Penanaman pohon ini sebagai komitmen Polres Karimun dalam mewujudkan lingkungan hijau berkelanjutan.

Kapolres Karimun AKBP Ryky W Muharam menyampaikan, 'Polri Peduli Penghijauan' ini bertujuan untuk menjaga kelestarian hidup hewan dan tumbuhan karena berkat pohon, ketersediaan sumber makanan bagi hewan dapat terus berlangsung dengan baik, mulai dari buah-buahan hingga berbagai sayuran yang akhirnya bisa dikonsumsi oleh manusia, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.

"Program ini merupakan gagasan Kapolri sebagai wujud kepedulian Polri dengan tema 'Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini'. Lingkungan harus tetap dirawat dan dijaga kelestariannya agar bisa dimanfaatkan oleh banyak orang," kata AKBP Ryky W Muharam.

Lanjutnya, hutan sebagai penyaring gas karbondioksida dan penghasil oksigen juga semakin habis sehingga tercipta efek rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global.

Saat ini, lahan kritis terus bertambah seirama dengan perkembangan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk. Untuk itu, gerakan Penghijauan Sejak Dini dalam rangka Polri Lestarikan Negeri di lahan tanah milik Polsek Buru, Kecamatan Buru, mulai digalakkan.

"Ada beberapa jenis pohon yang ditanam, antara lain pohon mangga, alpukat, kelengkeng dan rambutan," ujarnya.

Menurut Kapolres, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Karimun untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam, serta penanaman pohon dapat mengurangi pemanasan global yang saat ini terjadi sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Bhayangkari Cabang Karimun, Wakapolres, Kapolsek Buru, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Samapta dan Kasat Polairud. Hadir juga Camat Buru serta Lurah Buru dan tokoh masyarakat Kecamatan Buru.

Editor: Gokli