Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Milenial dan Gen Z Sukai GP Karena Sangat Merakyat
Oleh : Opini
Selasa | 22-08-2023 | 09:07 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21544.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Astrid Natasha

GANJAR Pranowo (GP) merupakan sosok pemimpin yang paling disukai oleh para milenial dan juga Gen Z. Hal tersebut dikarenakan dirinya dikenal tokoh yang memiliki figur sangat merakyat dan penuh akan kepedulian kepada masyarakat kecil.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tidak henti-hentinya terus memberikan dukungan penuh kepada Calon Presiden (Capres) dari PDI-P tersebut, mereka terus menggencarkan berbagai macam kegiatan positif bagi masyarakat, khususnya diwilayah Kaltim serta untuk menyosialisasikan pemimpin masa depan Indonesia itu.

Salah satunya dengan memberikan bantuan tandon air bersih bagi masyarakat Desa Bente Tualan, Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Sabtu 19 Agustus 2023. Korwil GMC Kaltim Sadly Jaya M menjelaskan kegiatan yang diberikan oleh pihaknya dalam rangka membantu menghadirkan air bersih kepada masyarakat. Terlebih air di lingkungan Desa Bente Tualan tercemar sehingga tidak bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Mereka melaksanakan penyerahan atau pemberian bantuan berupa tandon untuk penampungan air bagi masyarakat di Desa Bante Tualan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Namun bukan hanya sekedar memberikan bantuan berupa tandon air bersih saja, melainkan GMC Kaltim juga menggelar pelatihan membuat filterisasi air untuk masyarakat setempat.

Tentunya bukan tanpa alasan hal tersebut dilakukan, pasalnya memang masyarakat di Desa Bante Tualan itu memiliki sumber air yang sangat tercemar dan kotor, sehingga perlu adanya edukasi kepada mereka terkait bagaimana menggunakan atau melakukan filterisasi air yang kotor agar bisa menjadi air yang bersih dan layak untuk dimanfaatkan.

Kemudian, kata Sadly, apa yang dilakukan oleh GMC Kaltim kepada warga Desa Bente Tualan menjadi butkti bahwa Ganjar Pranowo hadir untuk semua. Mereka juga berharap agar seluruh kegiatan yang dilakukan tersebut mampu untuk membantu masyarakat setempat dan agar warga bisa merasakan bagaimana dampak akan kehadiran sosok Ganjar Pranowo.

Menurut GMC Kaltim, tentunya pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut merupakan seorang tokoh nasional dan sekaligus pemimpin yang memang sangat peduli kepada masyarakat dan rakyat kecil. Maka dari itu, para milenial itu berusaha untuk terus memperkenalkan nama pemimpin berusia 54 tahun itu kepada publik secara jauh lebih luas lagi.

Lebih jauh, Sadly mengaku kehadiran GMC Kaltim mendapatkan respons baik dari warga setempat atas bantuan tandon air serta pelatihan filterisasi air bersih. Dengan adanya kegiatan tersebut, ternyata mendapatkan apresiasi dan juga respon yang sangat positif dari masyarakat di Desa Bante Tualan, terlihat dari bagaimana antusiasme mereka yang sangat tinggi.

Sementara itu, warga setempat yaitu Halimah (30) menyampaikan ucapan terima kasih kepada GMC Kaltim karena sudah memberikan bantuan tandon air beserta pelatihan filterisasi air bersih. Menurutnya, seluruh yang sudah dilaksanakan oleh para relawan Ganjar itu adalah hal yang sangat bagus dan dirinya pun berharap semoga pelatihan yang digelar bisa menjadi ilmu serta bantuan tandon air yang diberikan dapat bermanfaat dan bisa berjalan lebih lanjut.

Selain itu, warga setempat juga mendoakan agar Ganjar Pranowo bisa sukses serta menang dalam pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik berupa Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang karena menilai bahwa sosoknya memang merupakan seorang pemimpin yang amanah dan bisa mengayomi seluruh masyarakat.

Tidak mengherankan dengan seluruh kinerja dan pengalaman serta sosok yang memang sangat kredibel untuk memimpin tersebut, pria kelahiran Kabupaten Karanganyar itu terus mendapatkan banyak sekali dukungan dari berbagai kalangan termasuk para milenial dan Gen Z.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hasil survei terbaru yang dilakukan oleh lembaga Indikator Politik Indonesia pada bulan Juli 2023. Untuk diketahui, Gen Z merupakan kelompok usia di bawah 25 tahun. Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti, kelompok ini juga bisa dikatakan sebagai pemilih pemula.

Dari data yang dipaparkan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi terkait dengan pilihan pemilih berdasarkan usia terhadap tiga nama Capres yang muncul saat ini, terdistribusi sebagai berikut; Kelompok usia di bawah 21 tahun, 40,4% memilih Ganjar Pranowo. Sementara, 33,9% menyatakan dukungannya terhadap Prabowo Subianto, sedangkan 21,9% memilih Anies Baswedan.

Berikutnya, kelompok usia 22-25 tahun, sebanyak 36,9% menjatuhkan pilihannya kepada Ganjar Pranowo. 29,6% menjatuhkan pilihannya kepada Pranowo Subianto dan 26,4% memilih Anies Baswedan.

Dari bagaimana berbagai macam hal yang telah dilakukan oleh para milenial di Kalimantan Timur serta bagaimana hasil survei terbaru yang mengungkapkan bahwa para Gen Z memang cenderung condong untuk sangat menyukai sosok yang sangat merakyat, maka menjadi tidak heran mengapa dukungan kepada Ganjar Pranowo terus tumbuh bahkan hingga di berbagai macam kalangan masyarakat.*

Penulis adalah alumni Universitas Katolik Parahyangan Bandung