Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Membaca Arus Dukungan untuk GP di Pilpres 2024
Oleh : Opini
Senin | 21-08-2023 | 09:32 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21543.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Billal Hafizh

DUKUNGAN yang diberikan untuk Ganja Pranowo ternyata terus saja meluas bahkan berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, serta dari beragam sekali latar belakang atau elemen masyarakat di seluruh Tanah Air.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang untuk bisa menjadi sosok pemimpin yang mampu dikenal oleh masyarakat luas bahkan di berbagai macam daerah di Tanah Air yang sangat luas ini, maka sosok tersebut memang harus merupakan figur yang sangat tepat dan memiliki kredibilitas serta integritas yang juga sudah diakui oleh banyak pihak.

Hal tersebut sangat terlihat dan seluruhnya ada pada diri Ganjar Pranowo. Sehingga tidak mengherankan mengapa dukungannya terus meluas dan tumbuh bahkan hingga ke berbagai kalangan atau elemen masyarakat di Indonesia.

Salah satunya adalah datang dari para petani garam yang tergabung ke dalam Komunitas Nelatan Pesisir Jatim Dukung Ganjar Pranowo. Mereka mengadakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat untuk masyarakat, yakni diskusi terkait dengan bagaimana upaya untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan garam. Kegiatan tersebut dilakukan untuk bisa meningkatkan pemahaman dan keterampilan dari para nelayan dalam pengelolaan garam agar produktivitas mereka terus meningkat.

Korwil Komunitas Nelayan Pesisir Jatim, Sutriyadi menjelaskan bahwa mereka juga melibatkan para petani garam serta para generasi muda penerus bangsa yang ada di daerah pesisir. Menurut Sutriyadi, peningkatan kapasitas ini penting mengingat kebutuhan produksi garam nasional yang semakin meningkat.

Sampang dikenal sebagai salah satu produsen garam terbesar di wilayah Madura bahkan di Indonesia. Sutriyadi berharap melalui diskusi dan tambak garam yang luas di Sampang, para petani dan generasi muda dapat mengembangkan pengetahuan serta pengalaman untuk meningkatkan produktivitas garam.

Dengan bagaimana banyaknya kebutuhan akan produksi garam nasional jelas saja sangat menuntut mereka untuk bisa terus meningkatkan kapasitas serta kualitasnya. Korwil Nelayan tersebut juga sangat optimis apabila memang Ganjar Pranowo bisa terpilih menjadi Presiden 2024 mendatang, maka jelas saja para petani garam di Indonesia akan jauh lebih maju, sejahtera dan bisa meningkatkan produksi mereka. Hal tersebut dikarenakan sosok Capres PDI Perjuangan itu sangat responsif pada berbagai persoalan.

Bukan hanya dari Sampang, namun dukungan kepada sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut juga datang dari masyarakat di Sukabumi Jawa Barat yang terdiri dari para pemuda dan mahasiswa, yang mana tergabung ke dalam Sukarelawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN).

Dukungan kepada Ganjar Pranowo mereka wujudkan dengan cara mengadakan acara Pesta Rakyat bersama dengan warga Kampung Pasirkasongket, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Sukabumi. Terkait hal tersebut, Korwil PMN Jabar, Marsus Albar mengungkapkan bahwa kegiatan yang mereka selenggarakan ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dari warga setempat dari berbagai kalangan mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu hingga para pemuda setempat menyambut dengan sangat baik.

Senada, Ketua Karang Taruna Desa Talagamurni bernama Tatang menyampaikan ucapan terima kepada PMN Jabar atas dukungan yang diberikan di wilayahnya. Dirinya sangat berterima kasih dengan bagaimana antusiasme yang dimiliki oleh masyarakat. Namun bukan hanya melakukan kegiatan Pesta Rakyat saja, melainkan mereka juga turut menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pilpres 2024 mendatang. Hal itu juga direspon dengan sangat baik oleh warga setempat.

Menurut Tatang, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh sukarelawan dari Ganjar Pranowo itu. Bahkan mereka juga siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres di 2024 mendatang. Dia berharap semoga sosok pemimpin berusia 54 tahun itu bisa menang dalam Pilpres dan mampu melanjutkan seluruh kinerja Presiden Jokowi.

Di sisi lain, dukungan kepada pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu juga datang dari para Relawan di DIY. Mereka bahkan telah menegaskan diri untuk terus solid, lugas dan otentik serta terukur dalam memberikan dukungan penuhnya kepada Ganjar Pranowo.

Sehubungan dengan itu, maka Goris Lewoleba selaku Ketua Umum Relawan Mitra Ganjar menyatakan kepada para pengurus dan aktivis relawan Mitra Ganjar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta agar bergerak simultan untuk memperkuat basis dukungan pada pemilih Ganjar Pranowo di kalangan akar rumput di seluruh wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Maksud dari gerakan membangun kekuatan tersebut adalah mereka akan terus membangun jejaring dukungan melalui banyak hal seperti mekanisme serta sistem sosial budaya yang berbasis pada kekuatan lokal di akar rumput pada semua segmen pemilih dengan base line di seluruh masyarakat Provinsi DIY khususnya dan bersifat majemuk serta pluralis.

Terlihat dengan sangat jelas bahwa semua masyarakat dari banyak latar belakang dan berbagai elemen, serta juga berasal dari berbagai macam wilayah atau daerah di Indonesia, seluruhnya sangat solid serta kompak untuk memberikan dukungan penuh mereka kepada Ganjar Pranowo. *

Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)