Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meneropong Dukungan Santri Minangkabau untuk GP di Pilpres 2024
Oleh : Opini
Minggu | 20-08-2023 | 16:33 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21542.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Erwin Omar

PARA relawan santri di Minangkabau Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus sangat solid dan kompak bergerak secara satu suara untuk mendukung penuh Ganjar Pranowo agar bisa menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Dukungan kepada Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh PDI-P terus saja bertambah dan meluas hingga ke seluruh elemen masyarakat di Indonesia dari berbagai macam kalangan dan berbagai daerah di Tanah Air, tidak terkecuali dari masyarakat yang agamis.

Diketahui bahwa Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) di wilayah Provinsi Sumbar telah melakukan banyak kegiatan yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah safari ke pondok pesantren (Ponpes) Perkampungan Minangkabau dan sekaligus juga memberikan sumbangan berupa bantuan utnuk pembangunan ponpes itu.

Mengenai kegiatan tersebut, Koordinator Wilayah SDG Sumbar Fikri Haldi menjelaskan bahwa pihaknya terus menerus dan tidak mengenal kata lelah untuk mengajak kepada semua tokoh agama terus memberikan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Untuk pemberian bantuan sendiri, relawan SDG memberikan penyaluran berupa tujuh karung semen untuk kebutuhan Ponpes Perkampungan Minangkabau yang memang sedang melangsungkan pembangunan. Mereka juga menegaskan diri sama sekali tidak akan berhenti untuk terus melakukan safari hingga ke semua lingkungan ponpes hingga di lingkungan majelis taklim.

Kemudian, menanggapi adanya bantuan yang disalurkan oleh SDG tersebut, pimpinan Ponpes Perkampungan Minangkabau, Buya Syamsul Akmal mengucapkan banyak rasa terima kasihnya kepada seluruh pendukung pemimpin yang identik dengan rambut putih itu karena sudah banyak sekali memberikan bantuan.

Dirinya sangat berterima kasih kepada SDG karena memang sedang melangsungkan pembangunan secara bersar-besaran lantaran jumlah santriwan dan santriwati di sana hingga sebanyak 1000 orang, bahkan pada tahun selanjutnya diprediksi akan terus meningkat.

Buya Syamsul Akmal juga mengaku bahwa seluruh bantuan itu sangat bermanfaat sekali bagi mereka, dan berdoa supaya bisa menjadi pahala. Dia pun mengapresiasi tinggi lantaran semua relawan selalu turun ke lapangan sebagaimana semangat dari Ganjar Pranowo untuk selalu peduli kepada rakyatnya.

Memang banyak sekali kegiatan yang digalakkan oleh para Santri Dukung Ganjar di Sumatera Barat tersebut, conroh lain adalah tatkala sebanyak ratusan santri di Ponpes Nurul Yaqin Al-Huffaz mengikuti penyuluhan dan pelatihan tenggap bencana untuk bisa memitigasi dan meminimalisasi kerugian saat adanya bencana.

Pada kesempatan lain, para sukarelawan yang tergabung ke dalam Jaringan Santri Sumatera (Jastra) juga turut memberikan deklarasi dukungan penuh mereka untuk sosok pemimpin berusia 54 tahun tersebut di Pondok Pesantren Nurul Qodiri, Kecamatan Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam kegiatan itu, sebanyak puluhan santri dari berbagai macam wilayah di Provinsi Sumatera juga sangat kompak untuk menyuarakan dukungan mereka kepada pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganya itu. Mereka terus mengawal dan menghimpun kekuatannya di kalangan seluruh santri serta ulama.

Bukan hanya dari kalangan para santri saja, namun deklarasi tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh ulama seperti Ketua PCNU Lampung Tengah dan juga para pengasuh pondok pesantren setempat. Terkait dengan adanya acara delarasi tersebut, Sekretaris Pusat Tim Sukarelawan Ganjar Pranowo, Sentot Budi menyampaikan bahwa adanya Komunitas Jastra terus melakukan sosialisasi dukungan mereka hingga di seluruh Pulau Sumatera dan berharap besar kepada mereka untuk bisa mengawal kemenangan Capres PDI Perjuangan itu sampai akhir.

Sementara itu, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa dengan berbagai macam dinamika dan bagaimana konstelasi perpolitikan Tanah Air belakangan ini, nyatanya tetap saja dukungan dari semua masyarakat di berbagai elemen kepada kader sekaligus capres yang mereka usung semakin menguat.

Hal tersebut sebagaimana data dari hasil analisis internal yang dilakukan oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut, bahwa memang keinginan dari semua masyarakat hingga di akar rumput untuk menjadikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI ke depan dan menjadi penerus Presiden Joko Widodo semakin tinggi.

Tentu saja dengan bagaimana situasi yang berada di masyarakat hingga akar rumput itu menghasilkan banyak sekali energi yang sangat positif kepada PDI Perjuangan sendiri untuk semakin optimis dan bergerak secara sangat solid memenangkan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Segenap elemen masyarakat dari berbagai macam kalangan terus sangat solid dan kompak menyatukan suara mereka demi memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Kalangan masyarakat tersebut bukan hanya mereka yang berasal dari kelompok nasionalis saja, melainkan juga dari kelompok agamis seperti para santri di Sumatera Barat.*

Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)