Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menampilkan Karakter KAWS "ACCOMPLICE", KAWS: HOLIDAY Hadir di Candi Prambanan Yogyakarta 19 Agustus
Oleh : Redaksi
Jumat | 18-08-2023 | 18:25 WIB
Kaws1.jpg Honda-Batam
KAWS: HOLIDAY Hadir di Candi Prambanan Yogyakarta. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - "KAWS: HOLIDAY" melanjutkan perjalanannya di seluruh dunia! Mulailah perjalanan yang tenang bersama interpretasi kesepuluh dari "KAWS: HOLIDAY" yang kini hadir di Indonesia, muncul di area candi Prambanan, Yogyakarta mulai Sabtu (19/8/2023) besok.

Diluncurkan pada tahun 2018, tur pameran dunia "KAWS: HOLIDAY" yang diselenggarakan oleh AllRightsReserved dimulai di Seoul dan sejak itu melakukan perjalanan ke Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne, sampai menembus luar angkasa. Setiap perhentian telah menerima sambutan yang luar biasa dari penggemar dan penduduk setempat. "KAWS:HOLIDAY" INDONESIA dipamerkan mulai 19 hingga 31 Agustus 2023 dari jam 8 pagi hingga 5 sore setiap hari.

Seniman terkenal dunia KAWS melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia dan menghadiri rangkaian acara peluncuran hari ini untuk secara resmi membuka pameran "KAWS: HOLIDAY" di Indonesia.

Pada pemberhentian tur yang kesepuluh ini, seniman terkenal dunia, KAWS, kembali bekerjasama dengan kolaborator lamanya, AllRightsReserved, untuk membawa patung monumental baru ke Prambanan - kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Didukung oleh mitra lokal AKG Entertainment, pameran unik ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer.

Untuk pertama kalinya dalam tur enam tahun "KAWS: HOLIDAY", sang seniman akan memperkenalkan kembali "ACCOMPLICE" yang pertama kali muncul sebagai figur vinyl yang dirilis oleh KAWS pada tahun 2002. Ini juga akan menjadi karya seni pertama KAWS yang ditampilkan di Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-9, kompleks candi Prambanan tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Didedikasikan untuk dewa-dewa Hindu, kuil-kuil dihiasi dengan patung-patung relief batu yang menggambarkan pengetahuan spiritual, para pahlawan, dan hewan. Situs ini terkenal dengan arsitekturnya yang tinggi dan runcing, dengan puncak kuil pusat mencapai ketinggian 47 meter. Karya seni sepanjang 45 meter ini juga merupakan patung terbesar yang pernah diproduksi seniman hingga saat ini.

"Saya merasa terhormat dengan dipajangnya patung karya saya di Indonesia, di mana karya ini dapat dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di negara ini. Seni memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan menginspirasi koneksi yang bermakna, dan saya bersyukur atas kesempatan untuk berkontribusi pada hal itu melalui pekerjaan saya," ujar KAWS dalam siaran pers, Jumat (18/8/2023).

SK Lam, Pendiri AllRightsReserved mengatakan, "'KAWS: HOLIDAY' kini telah mencapai tujuan kesepuluh. Kami telah melakukan perjalanan melalui kota-kota unik, melintasi darat dan laut, dan bahkan berkelana ke stratosfer. Upaya artistik kami ini terus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mempesona, saat kami mengungkap keajaiban terbaru kami: 'ACCOMPLICE'. Karya ini sekarang menghiasi Situs Warisan Dunia UNESCO, dan kami mengundang sesama penggemar seni untuk menikmati karya indah ini dan dengan terus menanti kunjungan kami berikutnya bersama-sama."

"Saya sangat senang bahwa KAWS:HOLIDAY telah memilih Indonesia dalam tujuan terbarunya. Kami berharap perpaduan antara warisan arsitektur kuno dan seni kontemporer ini dapat menampilkan keindahan dari apa yang dapat ditawarkan Indonesia kepada dunia. Saya juga berharap ini akan memungkinkan generasi muda untuk menemukan kembali dan menghargai situs bersejarah negara kita melalui sudut pandang yang baru." ujar Axton Salim, Board Member dari AKG Entertainment.

"KAWS:HOLIDAY" INDONESIA mengundang penggemar dari seluruh dunia untuk ikut serta dalam perjalanan ini, membenamkan diri di tempat kelahiran peradaban Jawa, Yogyakarta, dan menjelajahi kota cantik nan bersejarah ini.

Editor: Yudha