Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meneropong Arah Dukungan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia pada Pemilu 2024
Oleh : Opini
Minggu | 13-08-2023 | 20:04 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21534.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Lahthan Bazla Azad

RATUSAN pekerja migran yang saat ini bekerja di Malaysia melaksanakan acara deklarasi untuk memberikan dukungan dan juga bergabung kepada tim relawan Ganjar Pranowo dari berbagai lokasi lainnya di Negeri Jiran.

Dukungan kepada sosok Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) kian hari terus saja meluas. Bahkan perluasan dukungan tersebut bukan hanya berasal dari wilayah di Tanah Air saja, melainkan sampai mencapai di negara-negara lain dan berasal dari para Warga Negara Indonesia (WNI) yang kebetulan sedang bekerja di luar negeri.

Mengenai hal tersebut, Ketua Relawan Sahabat Ganjar Nusantara (Sagantara), Ridwan Ismail di Kuala Lumpur Malaysia mengungkapkan, bahwa mereka melakukan deklarasi dukungan secara bersama-sama, yang mana hal itu dilakukan secara gabungan dengan banyak relawan Ganjar lainnyadi sebanyak enam titik yakni Kuala Lumpur, Puchong, Kuala Langat, Ipoh, Sabah dan Johor.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan di setiap titik wilayah di Negeri Jiran itu setidaknya terdapat hingga sebanyak 100 sampai 150 orang yang mengikuti acara deklarasi tersebut. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa acara itu memang murni dilakukan oleh para pekerja migran Indonesia yang tergabung dari berbagai macam kelompok relawan yang memang berada di Malaysia.

Bahkan, gabungan dari beberapa relawan tersebut bukan hanya mereka yang berada di Semenanjung saja, melainkan juga terdiri dari mereka yang berada di Sabah dan Sarawak Malaysia.

Sementara itu, Ganjar Pranowo yang mengikuti kegiatan acara deklarasi itu melalui sambungan secara daring lewat zoom meeting menyampaikan banyak rasa terima kasihnya karena telah diundang dalam acara itu dan juga meminta kepada semua pihak agar terus mampu menjalin komunikasi, persahabatan diantara sesama saudara dan anak bangsa meski sedang berada di negeri tetangga.

Pemimpin yang identik dengan rambut putih itu bahkan juga mengaku sangat senang sekaligus terharu tatkala melihat teman-teman pekerja dari Indonesia yang berada di berbagai negara lain seperti Malaysia, Hong Kong, Taiwan bahkan Australia, Eropa hingga juga Arab Saudi bisa saling menjalin komunikasi dan mendapatkan informasi yang sangat baik.

Menurutnya, para pekerja di Malaysia itu sudah sangat paham dan melek akan perkembangan politik di Tanah Air. Selain itu, mereka juga memiliki kesadaran akan demokrasi yang sangat bagus. Tentunya dengan berbekal hal tersebut, mampu menjadi suatu modal untuk terus menjalin silaturahmi dengan anak bangsa sehingga tatkala memiliki cita-cita bersama maka akan lebih mudah diwujudkan karena adanya spirit gotong royong.

Sementara itu, dukungan bukan hanya berasal dari pekerja migran yang bekerja di Malaysia saja, melainkan juga berasal dari Warga Negara Indonesia (WNI) dari berbagai jenis lintas profesi yang berada di New Jersey Amerika Serikat, yang mana secara sangat kompak telah mendeklarasikan dukungan hanya untuk Ganjar Pranowo.

Sebagai informasi bahwa WNI yang berada di Negeri Paman Sam itu tergabung ke dalam konsolidasi nasional warga Indonesia di AS, yakni USA for Ganjar Pranowo. Dengan sangat kompak mereka mengenakan pakaian bernuansa merah putih dan juga kemeja dengan garis-garis hitam putih yang memang menjadi ciri khas baju kampanye milih Capres PDI Perjuangan itu.

Terkait hal tersebut, salah satu tokoh masyarakat Indonesia di New Jersey Eddie Prasetyo menjelaskan bahwa WNI di sana memang seluruhnya sudah sangat kompak untuk menyerukan dukungan mereka kepada pemimpin berusia 54 tahun itu. Lebih lanjut, mereka juga mengaku pria kelahiran Karanganyar tersebut merupakan tokoh bangsa yang sangat tegak lurus pada konstitusi secara hitam dan putih, tidak abu-abu.

Bahkan, sosok Ganjar Pranowo sendiri dinilai sebagai satu-satunya pilihan yang sangat tepat untuk bisa memimpin Indonesia ke depannya setelah periode kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo habis. Selain itu, sosok Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk terus merawat dan menjaga keberlakuan asas demokrasi hingga bagaimana konsistensi yang dia miliki dalam melawan adanya sikap intoleransi serta radikalisme di Tanah Air merupakan nilai tambah tersendiri untuknya.

Dengan adanya deklarasi yang dilakukan oleh para WNI dari lintas profesi di Amerika Serikat itu juga sekaligus merupakan pesan kepada para pemilih di Tanah Air untuk juga mau mempercayakan bagaimana nasib bangsa ke depannya kepada Ganjar Pranowo karena visi dan misi yang dimilikinya akan dapat membawa bangsa ini untuk terus dihormati serta dihargai di dunia internasional.

Tergabung dalam relawan Ganjar dari berbagai wilayah, sebanyak ratusan pekerja migran di Malaysia menggelar acara deklarasi untuk menyatakan diri bahwa mereka mendukung penuh sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 mendatang. Deklarasi juga dilakukan oleh WNI di Amerika Serikat, yang mana sebagai bukti bahwa dukungan kepadanya terus meluas bahkan hingga diantara WNI yang berada di luar negeri.*

Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)