Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukungan Santri Sumatera Barat Mengalir untuk GP di Pilpres 2024
Oleh : Opini
Rabu | 09-08-2023 | 09:56 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21530.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu damai di Indonesia tahun 2024. (Foto: Ist)

Oleh Abdul Muis

MENDAPATKAN dukungan dari berbagai macam kalangan masyarakat dari semua latar belakang yang beragam, termasuk juga dukungan didapat dari kalangan masyarakat agama seperti santri di Provinsi Sumatera Barat. Mereka terus bergerak memberikan rangkaian sosialisasi dalam bentuk yang sangat positif untuk warga masyarakat setempat serta terus mendoakan kemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang.

Dalam sebuah kontestasi politik, bahkan pada pemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres), memang tidak bisa dipungkiri akan terdapat beberapa pihak yang sangat berjasa dan turut membantu calon yang berkontestasi untuk meraih kemenangan. Bukan hanya dari para partai politik (parpol) pengusung mereka saja, melainkan juga dari masyarakat dan juga dukungan yang diberikan secara tulus oleh kaum relawan.

Dukungan sama sekali tidak pernah ada putusnya terus diberikan oleh seluruh kelompok relawan dari Ganjar Pranowo yang sama sekali tidak pernah pantang menyerah dan berputus asa serta sama sekali tidak berhenti untuk terus memberikan sosialisasi agar peningkatan elektabilitas Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDI-P) tersebut bisa terus melonjak.

Salah satunya, bagaimana pergerakan para Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Mereka bahkan terus saja melakukan berbagai macam kegiatan yang sangat positif dan berdampak baik serta bermanfaat untuk warga masyarakat sekitar, termasuk juga terus tiada hentinya memberikan sosialisasi pengenalan terhadap nama pemimpin yang identik dengan rambut putihnya itu.

Mengenai hal tersebut, Sekretaris Wilayah SDG Sumatera Barat, Almaizet Putra sangat berharap dan terus berdoa supaya angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo berhasil terus naik, khususnya di Provinsi Sumatera Barat sehingga harapan warga masyarakat untuk kemenangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu agar dirinya bisa terpilih menjadi pemimpin masa depan bangsa bisa terwujud.

Doa dan harapan juga disampaikan oleh Pimpinan Majelis Taklim Nurul Iman, Ustadz Alpian yang mengucapkan banyak rasa terima kasih serta sangat mengapresiasi tinggi bagaimana berbagai langkah dan kegiatan positif yang dilakukan oleh Santri Dukung Ganjar (SDG) itu berdampak sangat baik kepada seluruh warga masyarakat setempat. Dirinya pun mendoakan agar pemimpin berusia 54 tahun tersebut mampu terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, dukungan untuk Ganjar Pranowo juga datang dari sebanyak puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di Amerika Serikat (AS). Mereka semua mendeklarasikan dukungan penuhnya kepada Capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa dukungan itu datang. Pasalnya, para WNI di Amerika Serikat itu menilai bahwa hanya sosok Kader PDI Perjuangan itulah merupakan satu-satunya tokoh yang dapat memimping Tanah Air ke depannya. Bahkan, para Warga Negara Indonesia yang mendeklarasikan dukungan tersebut berasal dari lintas profesi.

Sebagai informasi, para WNI dari lintas profesi yang berada di New Jersey AS itu tergabung ke dalam konsolidasi nasional warga Indonesia AS, USA for Ganjar Pranowo. Bukan hanya karena menilai kualitas serta kelayakan yang dimiliki oleh pemimpin berambut putih itu, namun mereka juga melihat bagaimana komitmen kuat yang dimiliki oleh sosok pemimpin masa depan bangsa tersebut untuk terus menjunjung sangat tinggi penerapan asas demokrasi serta bagaimana konsistensinya untuk melawan paham intoleransi dan radikalisme di Indonesia.

Salah seorang tokoh masyarakat Indonesia di New Jersey, Eddie juga memiliki harapan besar dari adanya deklarasi yang telah dilakukan oleh para Warga Negara Indonesia di Amerika Serikat itu, yang mana nantinya akan bisa memberikan pesan secara langsung kepada seluruh pemilih di Tanah Air untuk bisa juga mempercayakan nasib masa depan bangsa Indonesia kepada sosok Calon Presiden yang diusung oleh Megawati Soekarnoputri tersebut.

Keyakinan sangat kuat bahwa Tanah Air akan menjadi sangat maju ketika dipimpin oleh Ganjar Pranowo juga menurut mereka terlihat dari bagaimana visi serta misi yang dimiliki oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu.

Bahkan, mereka juga sangat percaya bahwa ke depannya hanya pria berusia 54 tahun itu yang dapat membawa nama baik Indonesia untuk bisa terus dihormati dan dihargai di dunia internasional. Para WNI tersebut juga mengaku sudah bekerja dengan sangat keras, mengumpulkan satu persatu suara, khususnya dari daerah asal mereka masing-masing di Tanah Air.

Pergerakan, harapan dan juga doa terus saja digencarkan oleh seluruh elemen masyarakat bahkan dari berbagai kalangan latar belakang hanya demi bisa mendukung sosok Ganjar Pranowo untuk bisa meraih kemenangan pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Tidak terlepas pula, dukungan tersebut datang dari masyarakat berlatar belakang agama seperti para santri di Provinsi Sumatera Barat.*

Penulis adalah kontributor Ganjar Rising Stars (GARIS)