Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Upah dan Tunjangan, Ratusan Buruh Toyo Kanetsu Unjuk Rasa
Oleh : hz/dd
Jum'at | 07-09-2012 | 11:55 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan buruh PT Toyo Kanetsu Indonesia, Batu Ampar menggelar unjuk rasa menuntut manajemen atas masalah upah dan tunjangan kesejahteraan, Jumat (7/9/2012).


Ketua PUK SPSI, PT Toyo Kanetsu Indonesia, Fadli mengatakan unjuk rasa yang dilaksanakan buruh dikarenakan upah yang diberikan manajemen tak sesuai dengan kemampuan (skill) dan masa lama bekerja.

"Buruh menuntut manajemen agar bisa memberikan gaji sesuai klasifikasi masing-masing personal, bukan dibayar sama rata tanpa apa perbedaan," ujar Fadli.

Unjuk rasa ini, lanjut Fadli, sudah dilakukan sejak Kamis kemarin (6/9/2012) dan berlanjut hingga hari ini. Selain upah, tunjangan uang makan dan transportasi tak luput dari tuntutan buruh.

Setelah dua hari melakukan unjuk rasa, akhirnya pihak manajemen memanggil perwakilan buruh untuk melaksanakan negosiasi, dan memenuhi segala tuntutan karyawan.

"Dalam perundingan tadi, pihak manajemen menyetujui segala tuntutan buruh," lanjutnya.

Pihak manajemen berjanji akan memberikan tambahan jam kerja buruh, tunjangan makan dan tunjangan transportasi yang diberikan sampai bulan Desember 2012 mendatang.

Selanjutnya nanti akan diberlakukan peraturan baru dimana upah akan diberikan sesuai klasifikasi skill dan lama masa kerja.

"Baru nanti pengupahan akan diberikan sesuai skill dan masa lama kerja seperti apa yang tertuang dalam isi perjanjian tadi," pungkas Fadli.