Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagu 'Tiada' Dirilis Ulang Kolaborasi Lintas Negara Endah Widiastuti dan Red White Collective
Oleh : Redaksi
Rabu | 02-08-2023 | 14:28 WIB
888_lagu-tiada999.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Endah Widiastuti dan Laura. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lagu berjudul 'Tiada' yang pernah dirilis pada tahun 2017 dirilis kembali pada 1 Agustus 2023 oleh Red White Collective, berkolaborasi (label rekaman independen di Amerika) dengan vokalis dan gitaris grup musik Endah N Rhesa, Endah Widiastuti.

Versi lagu 'Tiada' yang terbaru ini juga melibatkan personil band indie asal Amerika 'Davy' Daniel Tavani sebagai co-producer.

'Tiada' ditulis pada tahun 2016 oleh Laura Sekar bersama dengan Isabel Wongsosubakti dan lolos seleksi konser 'Womens Musicians Network' pada tahun 2017 ditampilkan live di Berklee Performance Center, Boston USA. Lagu ini terinspirasi dari kisah Laura yang ditinggal oleh salah satu orang terdekatnya. 'Tiada' menceritakan tentang rasa kehilangan akan ditinggal seseorang yang disayangi.

"Lagu Tiada ini melodinya manis dan liriknya juga cukup relate dengaku. Cerita tentang kenangan yang masih melekat erat tentang orang yang kita sayangi yang meninggalkan kita, putus, atau tiada. Ada rasa sentimental saat membawakan lagu ini," kata penerima penghargaan AMI (Anugerah Musik Indonesia) Awards, Endah Widiastuti, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/8/2023).

Kolaborasi lintas negara ini antara Indonesia dan Amerika Serikat dimulai pada tahun 2022. Laura menggarap aransemen baru lagu 'Tiada' bersama dengan Daniel.

"Kita rombak ulang lagunya karena mau lebih terdengar modern, contemporary, dan pop. Sedangkan versi Tiada yang dulu lebih indie/folk vibe nya," ungkap Laura.

Laura dan Daniel, selaku produser dan multi-instrumentalis merekam musiknya di Boston, USA. Di sisi lain, Endah dan Anthony Jolen sebagai vokalis melakukan rekaman dari Jakarta, Indonesia.

Melalui kolaborasi dengan Red White Collective Endah berharap, "Semoga lagu ini bisa menghibur perasaanmu ketika sedih atau ketika teringat kenangan-kenangan bersama orang-orang yang disayang."

Laura yang juga berprofesi sebagai terapis musik menambahkan, "Kehilangan seseorang yang kita cintai memang menyakitkan, tapi setiap momen yang kita habiskan bersama mereka akan selalu ada di hati kita, selamanya."

'Tiada' resmi dirilis pada platform musik digital 1 Agusuts 2023. Saat ini, lagu remake 'Tiada' dapat didengar melalui Spotify, Apple Music, Deezer, Amazon music, dan platform musik digital lainnya.

Editor: Gokli