Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Jitu Jual Mobil Bekas Agar Harganya Tetap Tinggi
Oleh : Redaksi
Rabu | 19-07-2023 | 18:40 WIB
bazar-mobil3.jpg Honda-Batam
Ilustrasi jual mobil bekas. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Salah satu pertimbangan konsumen di Indonesia dalam membeli kendaraan seperti mobil atau sepeda motor adalah harga jualnya lagi. Bagi sebagian orang kendaraan dianggap sebagai sebuah aset, sehingga ketika mobil bekas dijual bisa mendapatkan harga tinggi.

Namun begitu, tidak sedikit orang kesulitan menjual mobil lamanya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menjual, ada sejumlah tips yang perlu Anda ketahui supaya harga mobil lama Anda tetap tinggi dan dapat terhindar dari kasus penipuan.

Berikut tips aman menjual mobil bekas, mengutip Auto2000:

1. Pastikan kondisi mobil baik
Urusan kondisi mobil harus menjadi perhatian, bukan hanya bisa nyaman digunakan sendiri, tapi membuat harga jual kembalinya menjadi bagus. Anda bisa menjaga nilai jual dengan mengganti komponen mobil yang rusak di bengkel resmi dengan track record servis yang tercatat jelas.

2. Surat-surat mobil lengkap
Kumpulkan dokumen yang diperlukan dalam menjual mobil bekas, mulai dari STNK, faktur, BPKB, sampai owner's guide. Pastikan pajaknya sudah terbayar dan tidak ada tunggakan tilang elektronik.

3. Tidak ada masalah dengan fitur mobil
Anda juga perlu memastikan seluruh fitur kendaraan berfungsi normal sehingga calon pembeli terpikat.

4. Bersihkan eksterior dan interior mobil
Mobil yang bersih menandakan pemiliknya peduli dan selalu menjaga kondisi mobil. Untuk bagian luar, pastikan semua sudut bersih dan tidak ada bagian bodi mobil yang baret atau penyok. Untuk bagian dalam, bersihkan hingga tuntas dan pastikan tidak ada bau apak yang mengganggu.

5. Cek harga pasaran mobil bekas
Ini juga tidak kalah penting, lakukan pengecekan harga pasaran mobil bekas, bisa dengan mengecek secara online atau langsung bertanya ke showroom.

6. Waspada dan hati-hati penipuan calon pembeli online
Saat ini banyak modus penipuan terhadap penjual mobil bekas. Cukup perlihatkan fotokopi dokumen sebelum transaksi selesai untuk menghindari kejahatan.

Selain itu, dampingi calon pembeli saat test drive dan lakukan transaksi di rumah supaya aman. Jangan mudah tergiur rayuan, minta anggota keluarga untuk mendampingi proses transaksi.

Buat yang menawarkan mobil lewat jalur online, hati-hati karena foto mobil bisa disalahgunakan oleh penipu yang berlaku sebagai mediator. Jangan mau diajak kerja sama, katakan langsung kepada calon pembeli yang datang bahwa Anda adalah pemilik sah mobil tersebut untuk mencegah penipuan.

Selain itu, jangan terima down payment (DP) kalau belum bertemu langsung dengan calon pembeli dan selesaikan transaksi di depan mata.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha