Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekaman Awal Ringo Starr Ditemukan Setelah 50 Tahun
Oleh : dd/rs
Kamis | 06-09-2012 | 09:14 WIB
ringo_starr_-_pmc.jpg Honda-Batam
Ringo Starr.

LONDON, batamtoday - Setelah 50 tahun lamanya, rekaman awal Rory Storm and the Hurricanes, band pertama yang diusung Ringo Starr, akhirnya telah ditemukan.


BBC melaporkan, pita rekaman itu ditemukan di ruang bawah tanah milik Iris Caldwell, adik Rory Storm, pentolan grup tersebut.

Rekaman yang digarap pada tahun 1960 ini akan dikumpulkan menjadi album perdana untuk dirilis akhir bulan ini. Selain merekam materi tersebut di kediaman Storm, beberapa lagu yang terdapat dalam pita tersebut juga pernah direkam di klub Jive Hive, bagian utara Liverpool, Inggris.

“Saya menduga rekaman ini sudah berada dalam kotak tertutup sejak mereka merekamnya,” tutur Caldwell.

Tahun 1959, Starr bergabung dengan Storm ketika ia menginjak usia belia 18 tahun. Tiga tahun kemudian, Starr menjadi personel band legendaris Inggris, The Beatles, bersama dengan John Lennon, Paul McCartney, dan George Harrison.

Rory Storm and the Hurricanes sempat merilis beberapa single, salah satunya diproduksi oleh manajer The Beatles, Brian Epstein. Meskipun band ini tidak pernah membuat gebrakan, mereka termasuk grup yang paling populer di era awal Merseybeat.