Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terjang 7 Wilayah, Banjir dan Longsor Sumbar Tewaskan 4 Orang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-07-2023 | 19:00 WIB
banjir-sumbar11.jpg Honda-Batam
Banjir di sejumlah wilayah Sumatera Barat. (ANTARA)

BATAMTODAY.COM, Sumbar - Banjir dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Sumbar). Bencana alam ini mengakibatkan empat orang meninggal dunia dan satu hilang.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur mengatakan banjir dan longsor menerjang 7 wilayah.

"Musibah banjir dan longsor terjadi pada tujuh daerah. Sesuai laporan yang masuk kepada kita lima korban. Empat sudah ditemukan, satu masih dicari," kata Rumainur, Jumat (14/7/2023).

Tujuh wilayah yang diterjang banjir dan longsor di Sumbar adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman Barat serta Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kota Padang jadi yang terparah diterjang banjir. Hingga sore kemarin ibu kota Sumbar itu masih tergenang di sejumlah titik.

"Ketinggian bervariasi, dari 50 cm hingga satu meter. Proses penanganan longsor juga masih berlangsung," katanya.

Rumainur merinci, korban akibat musibah tersebut masing-masing terjadi di Padang sebanyak dua orang akibat longsor perbukitan bukit Gado-gado Kecamatan Padang Selatan. Satu orang di Kota Pariaman dan dua lainnya di Kabupaten Agam.

Warga diminta meningkatkan kewaspadaan, karena berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Sumatera Barat masih berpotensi dilanda curah hujan tinggi.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha