Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kajari Batam Buka Pekan Olahraga Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT IAD ke-23
Oleh : Paskalis RH
Jumat | 14-07-2023 | 09:40 WIB
por_kejari_batam-hba-63-020213.jpg Honda-Batam
Kajari Batam, Herlina Setyorini didampingi para Kasi saat membuka Pekan Olahraga di Kejari Batam, Jumat (14/7/2023). (Paskalis/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam, Herlina Setyorini secara resmi membuka Pekan Olahraga (POR) dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-23 di halaman kantor Kejari Batam, Jumat (14/7/2023).

Pembukaan POR ini ditandai dengan apel dan pelepasan balon ke udara oleh Kajari Herlina Setyorini, disaksikan para kepala seksi (Kasi), jaksa serta seluruh pegawai dan honorer pada Kejari Batam.

Selanjutnya dilaksanakan jalan santai (Fun Walk) dengan rute mengelilingi alun-alun Engku Putri, Batam Center, yang diikuti seluruh pegawai beserta keluarga.

"Dengan adanya Pekan Olahraga ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ajang silaturahmi serta dapat membentuk tubuh dan jiwa yang sehat sehingga mampu melaksanakan tugas secara professional," kata Kajari Herlina Setyorini.

Dalam kesempatan itu, Kajari pun memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus), Aji Satrio Prakoso beserta seluruh panitia HBA ke-63 tahun 2023 yang telah bekerja keras dengan dedikasi tinggi untuk mempersiapkan dan mensukseskan rangkaian kegiatan HBA tahun 2023.

"Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kasipidsus selaku ketua Panitia beserta seluruh panitia yang telah mempersiapkan kegiatan menyambut HBA ke-63, walaupun ditengah rutinitas dan kesibukan menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari," ujar Herlina.

Herlina pun menyambut baik perhelatan pekan olahraga HBA ini karena olahraga itu memiliki kekuatan untuk menyatukan perbedaan dan mempererat kekompakan.

Kompetisi olahraga ini, kata dia, tidak semata-mata hanya berorientasi pada persoalan menang dan kalah atau sekadar meningkatkan kesehatan jasmani. Namun kompetisi yang diselenggarakan tersebut dapat menguatkan kualitas sumber daya manusia Kejaksaan, yang tentunya akan bermanfaat dalam menciptakan semangat dan budaya kerja yang sehat dan kuat.

"Kompetisi olahraga tidak semata-mata hanya berorientasi pada persoalan menang dan kalah, atau sekedar meningkatkan kesehatan jasmani, namun yang terpenting adalah manfaat yang signifikan dalam membangun serta membentuk karakter dan kepribadian peserta," tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Peringatan HBA ke-63 sekaligus Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Batam, Aji Satrio Prakoso, mengatakan, HBA tahun 2023 yang mengambil tema 'Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional' akan disemarakkan dengan berbagai perlombaan.

Adapun cabang olahraga yang dilombakan, kata Aji, antara lain lomba senam kreasi Tobelo, Pertandingan Playstation, Domino (Gaplek), pertandingan Badminton dan pertandingan Tenis Meja Putra dan Putri serta lomba paduan suara dengan menyanyikan Mars Adhyaksa.

"Dari rangkaian kegiatan ini, pertandingan yang paling bergengsi adalah pertandingan Tenis antar instansi memperebutkan Piala Bergilir Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri," kata Aji.

Dengan momentum HBA tahun ini, Aji pun berharap langkah penegakan hukum ke depannya yang dilaksanakan Kejari Batam tetap berjalan dengan baik dan lancar serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kejaksaan sehingga menjadi lembaga yang kredibel.

Seperti yang kita ketahui bersama, sambungnya, institusi kejaksaan merupakan salah satu titik sentral dari penegakan hukum di Indonesia. Oleh sebab itu, institusi kejaksaan harus mampu menghasilkan produk hukum yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutanya, kata Aji lagi, puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 akan dilakukan secara serentak pada 22 Juli 2023 mendatang.

"Puncak acara akan dilakukan upacara peringatan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara syukuran dan rama tamah. Semoga ke depan kami semakin dikuatkan, semakin jaya dan solid, serta semakin profesional," pungkasnya.

Editor: Gokli