Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKN Gelar Munaslub Tunjuk Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Baru Gantikan Gede Pasek
Oleh : Irawan
Kamis | 13-07-2023 | 18:56 WIB
pkn_munaslub_b.jpg Honda-Batam
Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) memberikan keterangan bakal menggelar musyawarah nasional luar biasa menunjuk Anas Urbangningrum sebagai Ketua Umum PKN

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) bakal menggelar musyawarah nasional luar biasa pada Jumat-Sabtu, 14-16 Juli 2023, agenda Munaslub adalah memilih Ketua Umum untuk masa jabatan 2023-2028.

"Dalam forum tersebut seluruh kader yang punya hak suara akan memilih Anas Urbaningrum (AU) sebagai Ketua Umum secara aklamasi, menggantikan Gede Pasek Suardika (GPS)," ujar Sri Mulyono, Sekretaris Jenderal PKN saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (13/7/2023)

Adapun Gede Pasek, kata dia, akan menempati jabatan Ketua Majelis Agung PKN. "Munaslub digelar sebagai bagian penguatan konsolidasi partai. Ketua Umum sekaligus pendiri, Gede Pasek, akan mengalihkan secara sukarela jabatannya kepada Anas yang telah berstatus bebas murni," katanya.

Menurut dia, upaya itu langkah panjang perjuangan dua sahabat GPS dan AU dalam melawan kriminalisasi dan upaya mematikan secara politik talenta AU selama oleh kekuasaan lama saat itu.

"Aspirasi ini juga menjadi aspirasi kolektif di internal PKN sebagai bagian dari strategi etape ketiga Pemilu 2024 yang dicanangkan PKN sebelumnya," kata Sri Mulyono.

Sebagaimana diketahui, ada tiga etape perjalanan PKN sejak didirikan. Etape pertama, lolos mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM.

Etape kedua, lolos di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilu 2024. Etape ketiga, lolos masuk parlemen nasional dan daerah.

AU dan GPS nanti akan berbagi peran sesuai jabatan yang akan dibuat sebagai dwi tunggal pengelola partai, sekaligus sebagai bentuk politik persahabatan dan kebersamaan yang terkandung dalam slogan Mitreka Satata (Bersatu dalam persahabatan), sebuah konsep perjuangan partai yang berbeda dengan parpol yang ada selama ini.

"Ini juga untuk mempercepat akselerasi perkembangan partai menuju puncak performa 14 Februari 2024 mendatang," katanya.

Munaslub PKN juga mengedepankan persahabatan dan persaudaraan bukan perebutan kekuasaan.

"Munaslub PKN diselenggarakan dengan sederhana namun penuh makna. Sandarannya adalah gotong royong dan musyawarah mufakat yang merupakan ciri khas Nusantara," pungkasnya.

Editor: Surya