Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Damkar Pemko Batam Gelar Latihan Simulasi Kebakaran
Oleh : hz/dd
Rabu | 05-09-2012 | 14:39 WIB

BATAM, batamtoday - Guna mencegah timbulnya korban jiwa dalam bencana kebakaran, pihak Damkar Pemko Batam melakukan latihan simulasi secara rutin antisipasi kebakaran, Rabu (5/9/2012) sekitar pukul 10.30 WIB di The BCC Hotel dan Residence, Baloi.


Dalam kegiatan ini, diterjunkan tiga unit kendaraan operasional, yakni  dua unit fire truck dan satu unit mobil komando untuk melakukan latihan rutin antisipasi kebakaran. Selain simulasi, petugas juga melakukan pengetesan sejumlah fasilitas yang ada di lokasi, seperti hidrant, pipa air dan alat racun api.

"Simulasi ini adalah latihan rutin kita dalam mengantisipasi kebakaran, dalam kegiatan ini akan kita lakukan beberapa  simulasi, terutama simulasi penyelamatan orang yang terjebak kebakaran," kata Kasi Pengawasan dan pengendalian, Damkar Pemko Batam, Samudro kepada batamtoday.

Secara visual, lanjut Samudro, bangunan bertingkat ini sejumlah fasilitasnya tampak bagus dan berfungsi baik, tapi harus di cek di  lapangan agar nantinya jika terjadi kebakaran kendala-kendala teknis dapat diminimalisir.

Sebab dari beberapa temuan di lapangan, banyak fasilitas pendukung yang tak berfungsi sehingga petugas kesulitan dalam melakukan simulasi maupun melakukan pertolongan saat terjadi bencana kebakaran.

"Pemeriksaan ini tak lepas dari temuan di lapangan dimana banyak fasilitas yang tak berfungsi, sehingga dalam kegiatan ini dijadikan sebagai sosialisasi terhadap pemilik gedung," terangnya.

Tak hanya pengecekan fasilitas dan alat kebakaran, masalah listrik dan konstruksi bangunan turut di praktekan sebab sangat berkaitan satu sama lainnya ketika peristiwa kebakaran terjadi.